Hadapi UNBK, Siswa SMPN 10 Kendari Ikut Pengayaan – Kendari Pos
Edukasi

Hadapi UNBK, Siswa SMPN 10 Kendari Ikut Pengayaan

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai upaya dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), SMPN 10 Kendari melaksanakan program pengayaan kepada para siswanya guna memperdalam keilmuan dan pengetahun yang dimiliki. Harapannya, saat UNBK para siswa dapat mengerjakan soal yang diberikan dengan baik.

Ruslan

Kepala SMPN 10 Kendari, Ruslan mengatakan bahwa program pengayaan yang dilakukan sudah mulai dijalankan dan kini sudah memasuki minggu kedua. Dalam pengayaan tersebut difokuskan pada empat mata pelajaran yang akan diujikan pada UNBK dan dilakukan hari Senin sampai Kamis dengan waktu satu setengah jam.

“Pengayaan ini bertujuan untuk merangsang pengetahuan dan mendorong minat belajar siswa guna menyiapkan diri pada UNBK nanti. Disamping itu juga, para guru juga kita arahkan agar memberikan motivasi dan dorongan kepada para siswa. Kemudian para guru juga kita tekankan agar menfokuskan pembelajarn untuk persiapan UNBK dan Ujian Sekolah saat mengajar kelas IX,” ungkapnya.

Ruslan juga mengatakan bahwa sejak dari semester satu para siswa sudah diarahkan untuk menyiapkan diri dalam menghadapi UNBK. Guna mendorong minat belajar siswa, ia melakukan sistem nilai kontrak agar mereka tergerak untuk memenuhi nilai yang telah ditentukan pada setiap mata pelajaran. Dengan begitu para siswa bisa terpacu untuk belajar karena ada tujuan yang harus dicapai.

“Untuk mengukur sejauh mana pengetahuan siswa, Insyaa Allah kita akan melakukan try out pada awal bulan Februari. Saat itulah para siswa dapat melihat kemampuan dirinya, sehingga mereka bisa lebih menyiapkan diri lagi. Kemudian untuk membiasakan para siswa dalam mengerjakan soal di komputer kita akan melakukan simulasi ujian pada awal bulan Maret nanti,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk sarana dan prasarana yang akan digunakan pada ujian nanti, ia telah menyiapkan dengan baik. Ruslan menjalaskan bahwa di SMPN 10 Kendari hanya memiliki 40 lebih unit komputer, sementara jumlah siswa yang akan mengikuti ujian ada 231 berarti komputer yang dibutuhkan kurang lebih 60-70. untuk mengantisipasi kekurangan tersebut, pihaknya memin jam laptop guru.

“Kami berharap dengan kita memberikan terus motivasi dan dorongan serta bekal kepada para siswa, mudah-mudahan mereka bisa menjawab semua soal yang akan dikerjakan pada UNBK nanti dan memperoleh nilai yang kita inginkan,” harapnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy