Gerilya Petahana Mencari Pasangan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Gerilya Petahana Mencari Pasangan

KENDARIPOS.CO.ID — Tujuh petahana di Pilkada 2020 berpotensi pecah kongsi dengan tandemnya. Petahana Surunuddin Dangga di Konsel dan Amrullah di Konkep yang santer disebut-sebut bakal kembali menggandeng pasangannya saat ini untuk melenggang ke periode kedua.

Empat petahana lainnya, memilih “bercerai” dan bergerilya mencari tandem baru untuk berlaga di gelanggang Pilkada 2020. Khusus Pilkada Muna, Wakil Bupati saat ini, Abdul Malik Ditu sudah dua kali menjabat wakil bupati.

Para petahana mengaku sudah mengantongi figur calon wakil bupati. Walakin, masih menunggu waktu tepat untuk dikenalkan ke publik. Petahana masih menjajaki setiap nama yang disodorkan, baik dari birokrat, mantan birokrat hingga politisi atau kader parpol.

Bupati Muna LM. Rusman Emba mulai menyiapkan sosok calon wakil bupati yang akan menjadi pasangannya. Ia sudah menetapkan sejumlah kriteria. Sebagai petahana, Rusman tentu menyiapkan wakil dengan matang. Wakil ideal bagi Rusman adalah harus punya latar belakang yang berbeda dari dirinya baik profesi, geopolitik, partai bahkan usia. Kriteria itu untuk memaksimalkan basis massa. Rusman akan memilih dari unsur birokrasi, akademisi maupun aktivis.

Geopolitik juga sudah menjadi kesepakatan tidak tertulis di Muna bahwa pasangan calon harus mewakili empat distik besar yakni Tongkuno, Lawa, Kabawo dan Katobu. Rusman memastikan menjunjung tinggi prinsip tersebut. “Dari distrik itu kita akan pelajari keterwakilan kecamatannya. Karena saya berasal dari Tongkuno, maka wakil saya di luar distrik tadi,” paparnya.

Kendati belum menyebutkan nama, namun beberapa figur jika dinilai berdasarkan profesi, geopolitik dan partai yang cocok mendampingi Rusman sudah mulai banyak bermunculan. Dari kalangan birokrat ada nama Samahu, Saemu Alwi, Hafili Pau dan Asrafil Ndoasa. Dari politisi, ada Aisyah Ditu (Partai Demokrat), La Pili (PKS) dan Jaelani (PKB). Rusman mengaku sudah mengantongi figur calon wakil bupati. Hanya saja, akan dipublikasi pada waktu yang tepat.” Kita akan umumkan di injury time,” pungkasnya.

Bupati Konut, Ruksamin dan Wakil Bupati Konut, Raup dipastikan “cerai” di Pilkada Konut. Beberapa figur disebut-sebut bakal mendampingi sang petahana, Ruksamin. “Sudah ada beberapa tokoh yang mulai mendekati Ruksamin. Birokrat aktif, mantan pejabat hingga politisi. Tapi Ruksamin belum menentukan sikap,”ujar Hikmar, Ketua Komite Aksi Pemenangan Pemilu (KAPPU) DPC PBB Konut.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy