Gaji Guru Honorer Rp 400 Ribu, Ali Mazi : Kalau Ada Dana Kita Tambah – Kendari Pos
Metro Kendari

Gaji Guru Honorer Rp 400 Ribu, Ali Mazi : Kalau Ada Dana Kita Tambah

KENDARIPOS.O.ID — Minimnya gaji guru honorer direspon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi. Gubernur pun bakal meninjau ulang gaji guru honorer. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), hanya sebesar Rp400 ribu per bulan. Tentunya, jumlah sangat kecil dan tidak bisa mensejahterakan para tenaga pengajar yang masih status honor. “Tapi kita juga harus sesuaikan dengan kondisi keuangan. Kalau ada kita tambah lagi,” ungkapnya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Sultra Asrun Lio menyebutkan, anggaran Rp400 itu disesuaikan dengan kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sultra. Namun, ia melanjutkan, dengan adanya SK gubernur tentang pengangkatan guru tetap non-PNS, nantinya (honorer) akan bisa mendapatkan sumber-sumber pendanaan yang lain. “Karena, mereka diangkat sebagai guru tetap non-PNS. Kalau tidak ada aspek legalnya, yah itu Rp400 ribu hanya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” kata Asrun. Menurutnya, jika kemampuan daerah besar maka bisa dilakukan penambahan gaji. “Jadi untuk sementara seperti itu,” jelasnya.

Ali Mazi

Asrun menambahkan, bagi yang memilih SK gubernur maka para honorer akan mempunyai aspek legalitas, bahwa mereka bisa diangkat guru tetap non-PNS di sekolah tempat mengajar. “Jadi, nanti mereka diakui keberadaannya, sehingga dengan pengakuan itu mereka bisa hitung masa kerja dan mendapatkan penghasilan-penghasilan tambahan lain,” jelasnya.

Untuk itu, kata Asrun, gubernur tetap memperhatikan kesejahteraan guru honorer. Dan untuk syaratnya guru honorer, maka dia harus sudah mengabdi dengan jam-jam yang diperlukan sekolah itu sendiri. “Baru itu diangkat dan ditetapkan secara formal dan ini berlaku di 17 kabupaten/kota yang terdiri dari guru setingkat SMA, SMK, dan SLB,” paparnya. Asrun pun mengharapkan, adanya perhatian pemerintah, misalnya, ditetapkan sebagai guru dalam seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan guru honorer bisa jadi prioritas. “Jadi itu, salah satu harapan kita,” tutupnya. (BKK/KP)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy