Ekspor Sultra ke Tiongkok Capai 86,28 Persen – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Ekspor Sultra ke Tiongkok Capai 86,28 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Pasar Tiongkok rupanya memengaruhi tingkat pergerakan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Sultra. Hal tersebut menjadikan kiblat ekspor Sultra ke Tiongkok. Fenomena itu diakui Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Suharman Tabrani. Ia mencontohkan, pasar Tiongkok yang potensial, menjadi salah satu tujuan ekspor yang menguntungkan bagi Sultra.

“Keterikatan ekonomi kita dengan Tiongkok bisa dilihat dari perkembangan ekspor kita yang lebih banyak ke sana. Tercatat ekspor kita sebesar 86,28 persen. India hanya 8,87 persen, Taiwan 1,84 persen serta Korea Selatan dan Amerika Serikat masing-masing hanya 1,80 persen dan 0,58 persen,” ujarnya saat menjadi pembicara dalam Rapat Tahunan Kendari Pos di Hotel Claro Kendari, Kamis (9/1).

Feronikel, hasil pertanian dan perkebunan menjadi komoditas yang mendominasi ekspor. “Tiongkok begitu dominan terhadap ekonomi kita, saya harap kita tidak fokus pada satu atau dua komoditas andalan. Begitu juga dengan negara tujuan ekspor. Kita tidak boleh fokus ke Tiongkok. Sebab, jika ekonomi mereka (Tiongkok) mengalami gejolak, maka akan berdampak negatif pada perekonomian kita. Kalau terbagi, risiko itu lebih rendah. Kita bisa berpatokan pada teori investasi yakni tidak berfokus pada satu negara. Ibaratnya jangan tempatkan telur dalam satu keranjang. ,” papar Suharman.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy