Dorong Pengembangan UMKM, Pemerintah Mudahkan Pembiayaan – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Dorong Pengembangan UMKM, Pemerintah Mudahkan Pembiayaan

Perwakilan TPKAD Sultra, Ridhony M.H. Hutasoit (ketiga dari kiri) beserta jajaran foto bersama usai menyambangi salah satu UMKM di Desa Wunduwatu, Konsel, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Dewasa ini, Pemerintah daerah (Pemda) sedang gencarnya mendorong penguatan sektor UMKM agar dapat berkontribusi lebih terhadap perekonomian Sultra. Mengingat Badan Pusat Statistik (BPS) Perwakilan Sultra telah merilis bahwa sektor UMKM khususnya pada lapangan usaha pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang pada kuartal tiga hanya mampu berkontribusi Rp 0,05 triliun terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sultra.

Capaian tersebut tentunya dianggap kurang karena paling kecil jika dibandingkan dengan lapangan usaha lain seperti pertanian, kehutanan dan perikanan yang memberikan andil sebesar Rp 7,60 triliun, kemudian pertambangan dan penggalian sebesar Rp 7,34 triliun, industri pengolahan Rp 2,11 triliun dan lapangan usaha lainnya yang masih di atasnya.

Oleh karena itu, kemarin (14/1), pemerintah melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melakukan blusukan di Desa Wunduwatu Kecamatan Andoolo guna memberikan edukasi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat setempat terkait bentuk pemberdayaan UMKM yang akan dilakukan ke depannya.

Perwakilan TPKAD Sultra, Ridhony M.H. Hutasoit mengungkapkan bahwa pihaknya menjadikan Desa Wunduwatu sebagai project TPKAD Konsel kali ini mengingat daerah tersebut memiliki potensi UMKM (Usaha) yang baik untuk dikembangkan.

Misalnya saja, kata dia, di Desa tersebut ada usaha ternak kambing dan pengolahan urin kambing (saat ini dari urin manusia, Red) menjadi pupuk padat dan cair yang sudah dijalankan salah satu warganya sejak tahun 2003.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy