DLHK Gagas Komunitas Peduli Sampah, Setiap Sore Sampah Rumah Tangga Diangkut – Kendari Pos
Metro Kendari

DLHK Gagas Komunitas Peduli Sampah, Setiap Sore Sampah Rumah Tangga Diangkut

KENDARIPOS.CO.ID — Masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempat dan waktu yang ditetapkan menjadi salah satu penyebab menumpuknya sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang tersebar di Kendari. Karena itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari membentuk komunitas peduli sampah di setiap kelurahan. Komunitas tersebut nantinya akan mengambil sampah di rumah-rumah warga setiap petang.

Kepala DLHK Kota Kendari, Nismawati mengatakan, pembentukan komunitas itu merupakan solusi yang paling baik untuk mengatasi permasalahan sampah yang semakin kompleks. Mereka bertugas melakukan penyisiran sampah di setiap rumah warga. Selama ini, penumpukan sampah di TPS disebabkan adanya warga yang membuang sampah pada jam-jam yang tidak seharusnya. Sementara normalnya, masyarakat diimbau untuk membuang sampah pada petang dan dini hari. Karena petugas kebersihan mengangkut sampah di TPS pada pagi hari.

“Jadi setiap pagi, seluruh TPS yang ada di Kendari telah bersih dari sampah. Namun sekira pukul 10.00 Wita, TPS yang tadinya bersih, kembali terisi sampah karena warga membuang sampah pada jam-jam tersebut,” katanya. Dengan adanya komunitas ini, masyarakat tidak perlu lagi membuang sampah ke TPS. Masyarakat cukup menyimpan sampah yang dimilikinya di depan rumah.

“Jadi pukul 07.00 Wita hingga 14.00 Wita, TPS akan bersih dari sampah dan akan terisi oleh sampah warga pada malam hari. Pada dini hari, petugas kami akan melakukan pengangkutan. Pola seperti ini akan mengatasi masalah sampah di Kendari,” imbuhnya. Persoalan sampah ini tidak bisa diselesaikan oleh Pemkot. Dibutuhkan kesadaran dari masyarakat untuk patuh pada aturan-aturan yang sudah ditetapkan. Ia mengimbau masyarakat untuk melakukan pemilahan tersendiri antara sampah organik dan non organik. (idh/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy