Disnakertrans Investigasi Penyebab Tewasnya Pekerja Tambang di Konut – Kendari Pos
Metro Kendari

Disnakertrans Investigasi Penyebab Tewasnya Pekerja Tambang di Konut

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengusut kasus tewasnya Andry, pekerja tambang berbendera PT Carsurin. Lembaga yang dipimpin Saemu Alwi itu mengutus tim investigasi untuk mengungkap fakta ihwal kematian Andry yang diduga dihantam alat berat milik PT. DAS saat mengambil sampel ore nikel di atas tongkang pada saat melakukan pemuatan di PT Jety Cinta Jaya di Desa Mandiodo, Konawe Utara, 14 Januari.

Kepala Disnakertrans Sultra, Saemu Alwi mengaku telah menandantangi surat persetujuan terkait dilakukannya investigasi tersebut. Investigasi biasanya dilakukan saat ada laporan dari perusahaan. “Karena kami sudah memperoleh data terkait itu melalui media, bisa dijadikan rujukan untuk langsung turun investigasi. Kemungkinan hari ini (Kamis, red) tim sudah turun ke lapangan untuk mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan kerja. Apakah disebabkan oleh kelalaian manusia atau human eror, atau karena adanya faktor lain. Jadi tim itu terdiri dari dua orang pengawas dan satu penyidik,” terangnya.

Aparat kepolisian saat berada dilokasi penemuan jasad korban.

Soal santunan kepada keluarga korban, ia mengatakan bila korban terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan berarti pembayaran santunan melalui BPJS. Jika tidak terdaftar, otomatis pihak perusahaan yang menanggung semua santunan kecelakaan itu. Itu sesuai Peraturan Pemerintah nomor 44 tahun 2015 tentang ketenaga kerjaan. (rah/c)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy