Dikbud Sultra : Secanggih Apapun Teknologi, Peran Guru tak Bisa Tergantikan – Kendari Pos
Metro Kendari

Dikbud Sultra : Secanggih Apapun Teknologi, Peran Guru tak Bisa Tergantikan

KENDARIPOS.CO.ID — Kemampuan guru menentukan kualitas pendidikan. Apalagi di era teknologi saat ini menuntut guru lebih inovatif. Seorang tenaga pendidik harus menghasilkan produk belajar yang berkualitas untuk ditransferkan ke peserta siswa. “Alat yang canggih sekarang sesungguhnya hanyalah sarana dalam menunjang kualitas belajar di kelas,” ungkap Kepala Bidang Guru atau Tenaga Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, L.M Shalihin saat rapat kerja dan pengukuhan pengurus Guru Penggerak Sultra (GPS) yang dikemas dalam dialog pendidikan bertajuk “Peran guru penggerak dalam mewujudkan pendidikan Sultra lebih baik dan berkualitas” di Aula LPMP Sultra.

Menurutnya, secanggih apapun teknologi, peran guru tak akan pernah tergantikan. Tapi, bila guru berkualitas dan hebat berinovasi dalam memberi materi kepada peserta didik. Saat ini Sultra butuh guru yang berkarakter untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas. “Merangsang siswa agar aktif. Disinilah dibutuhkan peran guru penggerak. Guru yang menjadi contoh bagi yang lain. Memberi warna dalam teknik mengajar, terus mengupgrade setiap ilmunya,” bebernya.

Pengukuhan pengurus GPS di Aula LPMP Sultra.

Ia menjelaskan, Sultra memang butuh guru yang memiliki inovasi ke depan. Sebab mereka sebagai role model di sekolah. Ia berharap lewat guru penggerak dapat menjadi motivasi serta tantangan sekolah untuk terus bergerak. Sehingga mutu pendidikan Sultra dapat lebih meningkat.
Sementara itu, Ketua GPS Sultra, Ris Aprizal mengatakan, guru penggerak Sultra ini terbentuk untuk menanggapi kebijakan baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, ihwal guru menginspirasi guru lain dan siswa. Sehingga guru terus berupaya meningkatkan kompetensi dan menciptakan pembelajaran yang baik dalam kelas.

“Sebagus apapun sarana pendidikan tetapi kalau kualitas gurunya tidak ada, maka pendidikan tak berkualitas,” bebernya. Katanya, GPS dibentuk bagi guru-guru yang mau bergerak dan meningkatkan kompetensi. Sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Sultra. Menuntut para guru terus berinovasi dalam metode belajar. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy