Diduga Menambang Ilegal, PT. SUN Diminta Hentikan Aktivitas Pertambangan – Kendari Pos
Nasional

Diduga Menambang Ilegal, PT. SUN Diminta Hentikan Aktivitas Pertambangan

Ilustrasi Tambang

KENDARIPOS.CO.ID — Izin Usaha Pertambangan PT.Surya Utama Nikel (SUN) memang baru akan berakhir Februari 2020. Namun sejumlah persyaratan pengelolaan lingkungan tak dilaporkan sehingga PT.SUN tak lagi menambang emas sejak April 2017. Belakangan, diam-diam oknum PT.SUN menggandeng mitranya dan melakukan penambangan.

Aksi itu terendus anggota DPRD Bombana. Manajemen PT.SUN dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bombana pun dipanggil dan dimintai keterangan dalam rapat dengar pendapat (RDP). Turut hadir perwakilan beberapa desa di Kecamatan Lantari Jaya, Bombana.

Wakil Ketua II DPRD Bombana, Iskandar mengatakan meski IUP milik PT.SUN masih aktif hingga 22 Februari akan tetapi banyak persyaratan lain yang seharusnya sudah diselesaikan secara berkala namun diabaikan. Hingga saat ini belum juga terpenuhi. Hal itu sesuai dengan hasil koordinasi DPRD Bombana dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Tenggara. “Kami memastikan seluruh aktivitas PT.SUN ilegal. Secara resmi di sana tidak boleh lagi ada aktivitas. Kalaupun ada, maka itu ilegal. Harus dihentikan,” tegas Iskandar saat memimpin RDP, akhir pekan lalu.

Sementara itu, Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Pengelolaan Lingkungan Hidup DLH Bombana, Faldianti menjelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 27 tentang izin lingkungan, seharusnya PT.SUN wajib melaporkan aktivitasnya setiap enam bulan. ”IUP-nya terhitung 22 Februari 2010 dan akan berakhir di Februari 2020. Tapi sejak tahun 2018, PT.SUN tidak pernah lagi menyetorkan laporan kegiatan pertambanganya,” ujarnya.

Setelah DLH Bomban melakukan monitoring dan evaluasi pelaporan perlindungan dan pengelolaan lingkungan di kantor PT. SUN tidak ditemukan kegiatan apapun.”PT.SUN terakhir menyetor laporan pada Desember 2017. Padahal harusnya perusahaan menyetorkan laporan kegiatanmya meskipun tidak beroperasi,” jelas Faldianti.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy