Cuaca Ekstrem Landa Sultra : Waspada Gelombang, Angin Kencang dan Hujan Disertai Petir – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Cuaca Ekstrem Landa Sultra : Waspada Gelombang, Angin Kencang dan Hujan Disertai Petir

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Kendari mengeluarkan peringan dini potensi cuaca ekstrem untuk wilayah Sulawesi Tenggara pada tanggal 2-4 Januari 2020.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Kendari, Ramlan S. Si, M.Si, mengungkapkan, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer (01/01/2020), terpantau pola tekanan rendah 1003 hPa teridentifikasi di Barat Daya Australia ini mengindikasikan mulai menguatnya angin musim barat sehingga terbentuknya pola konvergensi (pertemuan angin) di sekitar wilayah Sulawesi Tenggara terutama di wilayah bagian selatan sekitar Wakatobi, Baubau, Buton Selatan dan Buton Tengah.

Bersamaan dengan itu, kata Ramlan, massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Sulawesi Tenggara sampai lapisan 700 mb mencapi 70 – 90%, serta indek labilitas sedang sampai kuat dan pola konvektif skala lokal di wilayah Sulawesi Tenggara , beserta hangatnya suhu muka laut di wilayah sekitar Sulawesi Tenggara terutama bagian selatan, sehingga menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan cukup tinggi.

“Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Sultra memprakirakan dalam 3 hari ke depan, potensi cuaca ekstrem, curah hujan dengam intensitas lebat yang disertai petir dan angin kencang akan terjadi,” kata Ramlan.

Adapun daerah yang akan terjadi cuaca ekstrem, Wakatobi, Buton selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Baubau, Buton, Konawe Utara, Konawe Selatan, Bombana, Muna, Muna Barat, Kendari dan Konawe.

“Potensi cuaca berupa angin kencang yang dapat mencapai diatas 15 knot sehingga berpotensi gelombang dengan tinggi 1.25– 2.5 meter (Kategori gelombang sedang) terjadi di wilayah Perairan Baubau, Wakatobi dan Laut Banda Timur Sultra,”jelasnya.

Ilustrasi

Untuk itu, lanjut Ramlan, BMKG Prov Sulawesi tenggara menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dalam menghadapi periode puncak musim hujan 2020 pada bulan Januari (Kendari dan Konawe selatan), pada bulan Mei (Konawe), pada bulan April (Kolaka), dan pada bulan juni ( Kep. Muna dan Buton). Khususnya akan dampak dari curah hujan tinggi yang dapat memicu Bencana Hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, pohon tumbang dan lainnya.

“Harap diperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran dan dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi (Perairan Baubau, wakatobi, dan laut Banda Timur Sultra) agar tetap selalu waspada,” tutupnya. (imn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy