Cuaca Buruk, Pelayaran Kolaka-Bajoe Ditunda – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Cuaca Buruk, Pelayaran Kolaka-Bajoe Ditunda

KENDARIPOS.CO.ID — Sebaiknya penumpang kapal jurusan Kolaka-Bajoe menunda agenda perjalanan untuk sementara. Cuaca ekstrem melanda perairan Kolaka beberapa hari terakhir. Sebagai langkah antisipasi insiden kecelakaan transportasi laut, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Kolaka, Hasfar menghentikan untuk sementara pelayaran kapal seperti tertuang dalam surat edaran (SE). “Ketinggian ombak sekarang sampai 2,5 meter dan kecepatan angin sampai 25 knot. Sedangkan pelayaran baru dapat dilakukan jika kecepatan angin dibawah 20 knot dan ketinggian ombak hanya sekitar 1 meter,” ujar Plh.Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Kolaka, Muhammad Yunus, Minggu (12/1).

Penundaan pemberangkatan kapal rute Kolaka-Bajoe seperti yang tertuang dalam surat edaran dilakukan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelayaran. “Penundaan pemberangkatan kapal rute Kolaka-Bajoe dan sebaliknya ini mulai berlaku hari ini hingga batas waktu yang belum ditentukan. Ini dilakukan untuk mencegah kecelakaan atau musibah di laut yang akan menimbulkan korban jiwa dan harta benda,” ungkap Muhammad Yunus.

Dia menjelaskan, pemberangkatan kapal akan dibuka kembali apabila cuaca sudah memungkinkan untuk dilakukan pelayaran. Dimana saat ini kondisi cuaca masih sangat tidak mendukung untuk dilakukannya pelayaran. Terkait penumpang yang telah terlanjur membeli tiket, kata Yunus akan diganti. “Bagi penumpang yang sudah telanjur membeli tiket, maka akan diganti tiketnya,” imbuh Yunus.

Berdasarkan pantauan Kendari Pos, angin di sekitar Pelabuhan Kolaka berhembus sangat kencang. Sehingga ombak di sekitar Pantai Kolaka sampai ke darat bahkan naik ke jalan. Adapun kapal-kapal feri yang sedianya akan berangkat, terlihat masih sandar di Pelabuhan Kolaka.
Dalam surat edaran yang diteken Hasfar menyebutkan penundaan pelayaran kapal dimulai 12 Januari 2020 sampai batas yang tidak ditentukan. Dan akan dibuka kembali apabila keadaan cuaca memungkikan untuk pelayaran. (fad/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy