Bupati Buteng Menata Desa : Bangun Pasar, Genjot Pertumbuhan Ekonomi Warga – Kendari Pos
Buton Tengah

Bupati Buteng Menata Desa : Bangun Pasar, Genjot Pertumbuhan Ekonomi Warga

KENDARIPOS.CO.ID — Infrastruktur fisik yang berkaitan kebutuhan dasar masyarakat sudah dipoles. Bupati Buteng, Samahuddin mulai melirik potensi desa untuk dikembangkan. Samahuddin intens blusukan dan menata desa. Dia meyakini, potensi Kabupaten Buteng yang tesebar di desa-desa menjadi kekuatan dan penopang kesejahteraan menuju Buteng Berkah yang selama ini digaungkan Samahuddin. Setelah sekian waktu dibangun, pasar tradisional di Desa One Waara, Kecamatan Lakudo dapat beroperasi. Bupati Buteng, Samahuddin meluangkan waktu untuk meresmikan operasional pasar yang merupakan tumpuan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Bukan hanya masyarakat Desa One Waara tetapi termasuk warga desa lain yang tersebar di Kecamatan Lakudo.

Memang pembangunan pasar desa berbekal dengan anggaran dana desa (DD). Namun awal pembangunannya tak lepas dari arahan sang bupati ketika menyahuti keinginan warga untuk membangun pasar. “Dengan adanya pasar ini, daya jangkau masyarakat terhadap sentra pertumbuhan ekonomi semakin dekat. Saya meyakini transaksi yang muncul dalam pasar ini akan menggairahkan animo masyarakat dalam gerak dinamis pertumbuhan ekonomi di desa-desa. Sehingga ekonomi masyarakat pun perlahan terkerek naik,” ujar Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin saat meresmikan pasar, Jumat (17/1) petang.

Bupati Buteng, Samahuddin saat menandatangani prasasti peresmian pasar Desa One Waara, Kecamatan Lakudo, Jumat (17/1).

Suami dari Hj.Jusniar Samahuddin itu berharap masyarakat One Waara dan warga desa lainnya yang akan memanfaatkan pasar ini agar dapat menjaga fasilitas yang dibangun dari uang negara. Pembangunan pasar itu menyedot duit negara sekira Rp.621 juta. “Kebersihan pasar juga sangat penting. Mohon kebesihan ini diutamakan demi menjaga kenyamanan pedagang dan pembeli,” ungkap Samahuddin.

Pengelolaan dana desa oleh Pemerintah Desa One Waara menurut tandem La Ntau itu dapat menjadi teladan bagi para kepala desa di Buteng. Ketika pemanfaatan dana desa tepat sasaran maka bermuara pada kesejahteraan masyarakat. “Ini juga penting bagi para kepala desa lainnya di Buteng agar dalam menggunakan dana desa sebaiknya membuat program yang ada asas manfaatnya buat masyarakat,” pinta Samahuddin.

Sementara Itu, Wakil Ketua I DPRD Buteng, Adam menuturkan kehadiran pasar di desa-desa akan menjadi lokomotif kesejahteraan masyarakat. Mantan Ketua DPRD Buteng periode 2014-2019 berharap pemanfaatan dana desa oleh Desa One Waara dalam membangun pasar dapat menstimulasi dan memotivasi desa lain. “Kami yakin, apabila semua desa menggunakan dana desa dengan baik, maka daerah kita ini akan semakin berkembang dan maju. Desa merupakan tolak ukur yang sangat penting dalam pembangunan daerah,” ujar Adam. (rud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy