Bupati Buteng Getol Poles Potensi Wisata : Tanjung Buaya Dipoles, DPRD Janji Kawal Anggaran – Kendari Pos
Buton Tengah

Bupati Buteng Getol Poles Potensi Wisata : Tanjung Buaya Dipoles, DPRD Janji Kawal Anggaran

KENDARIPOS.CO.ID — Keinginan membangun daerah dari seluruh sektor sudah menjadi tekad bulat Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin. Tak hanya melulu urusan infrastruktur fisik, Samahuddin punya atensi tinggi terhadap potensi pariwisata. Dia meyakini, sektor itu dapat menopang pertumbuhan ekonomi daerah dari tingginya visitor destinasi wisata di daerah berjuluk Bumi Seribu Gua itu.

Buteng punya pesona wisata pantai yang dapat menstimulasi kunjungan wisatawan, lokal hingga mancanegara. Untuk itu, Bupati Buteng, Samahuddin getol memoles dan mengemas spot wisata. Kali ini, spot wisata Tanjung Buaya di Desa Lasori, Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim) mendapat giliran polesan sang bupati. Sebelumnya, Pemkab Buteng dalam kendali Bupati Samahuddin menata Pantai Mutiara sebagai destinasi wisata. Spot wisata itu jadi rujukan akhir pekan bagi warga Buteng dan daerah sekitar Buteng.

Pada sebuah kesempatan, Bupati Buteng Samahuddin mengajak pimpinan Forkompimda Buteng meninjau pantai Tanjung Buaya. Kondisi pantai yang masih alami mesti mendapat sentuhan penataan agar lebih ciamik dan memikat wisatawan untuk berkunjung. “Pantai Tanjung Buaya ini akan kita poles dan menjadi destinasi andalan yang akan digemari masyarakat,” ujar Samahuddin kepada Kendari Pos, Senin (20/1).

upati Buteng, H Samahuddin (tengah) bersama anggota DPRD Sultra, La Ode Tariala (dua dari kanan) bersama Camat Mawasangka Timur, Danramil Mawasangka dan Polsek Mawasangka di pantai Tanjung Buaya, Senin (20/1).

Suami Hj.Jusniar itu menyadari menata destinasi Pantai Tanjung Buaya ini berkonsekuensi anggaran yang tak sedikit. Sementara kemampuan APBD terbatas, karena harus membiayai program kerja Pemkab Buteng yang lainnya. Bagi Samahuddin, penataan Tanjung Buaya ini perlu sokongan anggaran dari provinsi maupun pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). “Namun tetap tahun ini, kita akan memulai menata sebagai langkah awal sembari mencari sumber pendanaan lain baik di level provinsi maupun pemerintah pusat,” ungkap Samahuddin.

Tahun ini, Samahuddin memerintahkan dinas teknisnya untuk membangun fasilitas pendukung seperti gazebo dan homestay mini untuk pengunjung. Ditambah beberapa fasilitas pendukung lainnya, seperti banana boat. “Pelan-pelan kita menata dan menyiapkan fasilitas pendukungnya,” tuturnya. Samahuddin menegaskan orientasinya menata sektor pariwisata akan bermuara pada peningkatan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Samahuddin ingin niatnya membangun daerah disokong pemprov dan DPRD Sultra.

Baru-baru ini, Samahuddin mengajak anggota Komisi III, DPRD Provinsi Sultra, La Ode Tariala meninjau potensi wisata Tanjung Wisata. Komisi III membidangi sektor pembangunan. Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Sultra, La Ode Tariala mengaku takjub melihat potensi wisata alam Pantai Tanjung Buaya. “Saya melihat, Pemkab Buteng harus membangun sektor pariwisata. Akan merugi jika potensi tidak dikelola dengan baik. Jadi hemat saya potensi ini harus dikembangkan dan saya sangat mendukung upaya Bupati Buteng membangun sektor pariwisata,” ujarnya.

Tariala berjanji akan membantu dan mengawal penganggarannya pembangunan dalam pembahasan anggaran nanti. “Nanti kami akan berusaha mengawal penganggarannya. Agar anggaran wisata Buteng bisa kita prioritaskan. Apalagi ini demi peningkatan pendapatan daerah maupun kemajuan Provinsi Sultra di masa mendatang,” janji politis Partai NasDem Sultra tersebut. (rud/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy