Bupati Busel Berharap Kepton Segera Mekar – Kendari Pos
Buton Selatan

Bupati Busel Berharap Kepton Segera Mekar

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Buton Selatan (Busel) H La Ode Arusani mendorong percepatan pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (Kepton). Ia berharap presiden segera mencabut moratorium pemekaran daerah. Arusani menginginkan Kepton segera menjadi daerah otonom administratif pisah dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebab dengan terbentuknya Kepton dapat meningkatkan roda perekonomian juga meminimalisir angka pengangguran di daerah. Serta mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

“Saya mendukung full pemekaran Kepton. Dalam arti yang tadinya kurang, kita akan lebih banyak lagi penerimaan pegawai. Lapangan pekerjaan akan lebih banyak lagi. Karena kita ini kan kebanyakan perantau, kalau sudah mekar pasti mereka pulang,” kata Bupati Arusani.

Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani.

Olehnya itu dalam waktu dekat Arusani berencana akan mengadakan pertemuan bersama DPRD serta jajaran lingkup Pemkab Busel dan masyarakat untuk mendorong pemekaran Kepton. Untuk diketahui, Kepton memang selayaknya mekar dan menjadi daerah otonomi baru. Mengingat daerah kepulauan yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) itu sudah memenuhi syarat untuk wilayah administrasinya, yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara dan Kabupaten Wakatobi.

Apalagi Kepton juga merupakan salah satu daerah eks Kesultanan yang belum dimekarkan. Meski begitu, Arusani berharap ada bargening politik antara pemerintah pusat dan daerah yang dimekarkan. Jika tidak juga hanya sebatas wacana oleh pemerintah pusat. Salah satu contoh bargening adalah pemekaran Provinsi di Papua. Arusani juga mencontohkan saat pemekaran Busel. Maka kedepan harus ada semangat baru seperti saat memperjuangkan pemekaran Busel. “Semangat kita saat memikirkan Busel kita akan sama-sama berjuang memekarkan Kepton, maka itu harus ada strategi yang memberikan dampak politik bagi pemerintah pusat,” ujarnya. (PS/KP)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy