Bidikmisi Diganti Jadi KIP Kuliah – Kendari Pos
Edukasi

Bidikmisi Diganti Jadi KIP Kuliah

KENDARIPOS.CO.ID — Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi) yang kerap menjadi pilihan bantuan pendidikan bagi calon Mahasiswa Baru (Camaba) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2020 ini, akan dihapuskan. Bidikmisi diganti menjadi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Wakil Rektor I Bidang Akdemik dan Kemahasiswaan Universitas Halu Oleo (UHO) La Hamimu menjelaskan bahwa dalam penerimaan Camaba tahun akademik 2020/2021, program Bidikmisi sudah tidak digulirkan lagi. Namun berganti nama menjadi KIP Kuliah yang terintegrasi langsung dengan program pemerintah yakni KIP. “Untuk menjadi mahasiswa penerima KIP Kuliah, Camaba diwajibkan untuk memiliki KIP yang terhubung langsung dengan Dinas Sosial (Dinsos),” ujarnya pada Kendari Pos, pekan lalu.

Tambahnya, program beasiswa Bidikmisi ini akan berubah sepenuhnya menjadi KIP Kuliah. Sehingga, para penerima KIP untuk jenjang sekolah akan langsung terdata pada KIP Kuliah. “Peserta didik yang telah menerima KIP pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah secara otomatis memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan KIP Kuliah, sehingga jika telah dinyatakan lulus pada PTN tempatnya mendaftar, seperti UHO maka biaya pendidikan mahasiswa tersebut akan dibiayai oleh pemerintah,” ujarnya.

Jika penerima Bidikmisi sebelumnya diusulkan oleh Sekolah masing-masing, maka untuk KIP, sekolah tidak lagi diberi kewenangan untuk mengusung siswanya mendapatkan KIP Kuliah. Pasalnya, KIP Kuliah akan terkoneksi langsung oleh KIP yang terintegrasi langsung dengan Dinsos. “Pada saat mendaftar Camaba akan dimintai KIP yang kemudian akan didata langsung oleh panitia seleksi PTN tempatnya melanjutkan pendidikan, seperti UHO,” katanya.

Laman: 1 2

19 Comments

19 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy