Belum Ada Penumpang Terdeteksi Virus Corona di Bandara – Kendari Pos
Metro Kendari

Belum Ada Penumpang Terdeteksi Virus Corona di Bandara

KENDARIPOS.CO.ID — Pasca merebaknya virus corona, Pemprov berupaya menangkal penyakit asal China itu masuk Sultra. Alat thermal scenner alias pemindai suhu tubuh telah dipasang di Bandara Halu Oleo, yang menjadi pintu masuknya warna negara asing, terutama pekerja asal China. Gubernur Sultra Ali Mazi yang baru tiba dari Jakarta (29/1) langsung meninjau pengoperasian alat peninjau suhu tubuh tersebut. Ia didampingi Kemandan Lanud (Danlanud) Haluoleo Kendari, Kolonel Pnb Muzafar.

“Saat ini, kita sudah tugaskan instansi terkait untuk melakukan langkah serius untuk mencegah masuknya virus corona di Sultra. Saya terus mengontrol seperti apa langkah-langkah yang sudah dilakukan di Sultra. Intinya langkah terbaik sudah dilakukan, arahan pusat juga hentikan dulu masuk dan keluarnya warga asing khususnya warga China,”ungkapnya.

Sementara itu, Danlanud Haluoleo Kendari, Kolonel Pnb Muzafar mengatakan, alat pendeteksi suhu tubuh yang dipasang akan termonitor secara otomatis. Jadi ini akan mendeteksi suhu tinggi dari penumpang yang baru melakukan perjalanan dari luar. Bahkan alat milik Kemenkes ini sebenarnya sudah dipasang sejak beberapa waktu yang lalu di pintu kedatangan penumpang.

Gubernur Sultra Ali Mazi memantau alat thermal scenner alias pemindai suhu tubuh telah dipasang di Bandara Halu Oleo, Rabu (29/1). Ia didampingi Kemandan Lanud (Danlanud) Haluoleo Kendari, Kolonel Pnb Muzafar.

“Jadi setiap penumpang dari perjalanan luar akan dicek otomatis suhu tubuhnya menggunakan thermal scanner. Apabila suhu badan mencapai 38 derajat celsius, maka akan diinvestigasi dan dibawa ke ruangan khusus untuk dicek lebih lanjut. Kalau setelah diperiksa gejalanya mengarah pada virus corona maka kami rujuk ke rumah sakit,” ujaranya.

Pasca dipasangnya alat pendetksi suhu badan itu, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Haluoleo belum menemukan adanya penumpang yang suhu tubuhnya tinggi. Apalagi yang mengarah pada virus corona. “Petugas KKP terus mengaktifkan alat kamera pemantau suhu tubuh untuk memantau setiap penumpang yang datang dari dalam dan luar negeri selama 24 jam. Belum ada penumpang dari luar negeri terdeteksi yang dicurigai terserang virus corona,” ujarnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy