Begini Tips Aman Cegah Skimming Ala BI – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Begini Tips Aman Cegah Skimming Ala BI

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Tindak kejahatan cyber atau fraud cyber crime di sektor jasa keuangan termasuk perbankan semakin sering ditemukan. Banyak korban berjatuhan akibat kurang memahami risiko yang mengancam sehingga tidak bisa mengambil langkah antisipasi.

Salah satu modus kejahatan keuangan yang menggemparkan masyarakat Sultra saat ini yakni Skimming yang terjadi di PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Cabang Kendari. Skimming sendiri adalah tindakan pencurian informasi dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu debit atau kartu kredit secara ilegal.

Dedy Prasetyo

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kendari Pos, hingga kemarin (22/1) jumlah nasabah yang menjadi korban skimming di BNI Kendari sebanyak 115 orang. Melihat jumlah korban yang terus bertambah setiap harinya, Humas Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara, Dedy Prasetyo memberikan tips aman bagi nasabah supaya terhindar dari intaian kejahatan keuangan skimming.

Pertama, kata Dedy, nasabah harus menjaga kerahasiaan PIN pada saat transaksi di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan cara menutup jari pada saat memasukkan PIN. “Skimming tidak bisa dilakukan jika pelaku tidak mengetahui PIN korban,” ujarnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy