Aspal Buton Bakal Suplai Kebutuhan Aspal Nasional – Kendari Pos
Buton

Aspal Buton Bakal Suplai Kebutuhan Aspal Nasional

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah pusat sudah memberikan lampu hijau agar kebutuhan aspal nasional bertumpu pada aspal buton. Sejak 2018 lalu, Pemda Buton bersama Pemprov Sultra intens melakukan komunikasi dengan kementerian terkait demi pemanfaatan kekayaan alam pulau Buton itu. Kini, dukungan penuh presiden Jokowi bersama para menterinya sudah dikantongi.

La Bakry

Bupati Buton, La Bakry mengatakan upaya merealisasikan pemanfaatan asbuton itu tidak pernah kendor sampai akhirnya benar-benar terwujud. Untuk produksi skala kecil, sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Namun kebutuhan aspal nasional mencapai 1,5 juta ton pertahun, sehingga harus produksi massal.

“Yah, kan produksi massal, butuh 1.5 juta ton setiap tahunnya untuk seluruh Indonesia. Makanya persiapannya agak lama,” katanya kemarin.

Ketua Golkar Buton itu pun optimis tahun 2021, impian dan doa masyarakat Buton itu akan terealisasi. “Saya optimis tahun depan sudah bisa mulai dikelola. Sekarang kita siapkan materialnya dulu, termasuk lahan produksi dan sebagainya,” lanjutnya.

Pemda Buton sambungnya, juga mendorong agar Perusda bisa ambil bagian strategis dalam pengelolaan aspal buton itu. Minimal 10 hingga 20 persen. Yang terpenting, keberadaan aspal buton harus mendongkrak perekonomian daerah secara signifikant. “Kalau ini sudah terwujud maka akan jadi pembeda iklim ekonomi kita. Pokoknya saya optimis, karena ini juga sudah jadi kebijakan presiden,” tutupnya. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy