Asni Bonea : Tak Urus e-KTP, NIK Warga 23 Tahun akan Nonaktifkan – Kendari Pos
Metro Kendari

Asni Bonea : Tak Urus e-KTP, NIK Warga 23 Tahun akan Nonaktifkan

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kendari yang telah berusia 23 tahun harus melakukan perekaman pembuatan E-KTP sebelum tahun 2021. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kendari mengancam akan membekukan alias menonaktifkan nomor induk kependudukan (NIK) bagi mereka yang tidak merekam di usia itu. Hal itu diungkapkan Kepala Dukcapil Kota Kendari, Asni Bonea.

Ia menjelaskan, pembekuan NIK bagi masyarakat yang berusia 23 tahun ke atas merupakan sanksi yang diberikan oleh pemerintah. Ketika data NIK dinonaktifkan maka masyarakat tersebut akan mengalami kendala dalam mendapatkan fasilitas yang membutuhkan NIK, seperti proses pembuatan kartu BPJS Kesehatan, hingga membuat rekening di perbankan.

Asni Bonea

Katanya, pembekuan NIK ini merupaka salah satu upaya agar masyarakat datang melakukan perekaman. Bagi yang NIK-nya telah dinonaktifkan, kata dia, baru bisa diaktifkan kembali jika yang bersangkutan telah melakukan perekaman. Menurutnya, banyak warga berusia 23 tahun yang belum melakukan perekaman. Ia meminta masyarakat segera datang melakukan perekaman sebelum datanya dibekukan.

“Pelayanan perekamanE-KTP selalu kita buka. Jumlah blangko juga tersedia. Sehingga masyarakat tidak memiliki alasan untuk tidak melakukan perekaman,” tutur mantan Sekretaris DPRD Kendari itu. Tahun 2020, lembaganya akan melakukan pencetakan 10.000 keping E-KTP. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy