Amdal RS Jantung Tahap Finalisasi, Pemkot Ingat Limbah Medis Berbahaya – Kendari Pos
Metro Kendari

Amdal RS Jantung Tahap Finalisasi, Pemkot Ingat Limbah Medis Berbahaya

KENDARIPOS.CO.ID — Gedung empat lantai Rumah Sakit (RS) Khusus Jantung dan Pembuluh Darah telah berdiri di atas lahan eks RS Provinsi Sultra. Dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) megaproyek yang digagas duet Ali Mazi-Lukman Abunawas memasuki tahap finalisasi. Hal itu diungkapkan Sekretariat Kota Kendari, Nahwa Umar dalam rapat komisi penilai Amdal RS Jantung dan Pembuluh Darah di Zahra Hotel Kendari (30/1).

Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Hj. Nahwa Umar

Ia mengatakan, pihaknya menginginkan RS ini menjadi kebanggan dan ikon Sultra. Tetapi semua harus dikerjakan secara baik. Amdalnya sudah tersaji dengan baik dalam dokumen. Yang terpenting dalam pembahasan Amdal ini, kata dia, adalah bagaimana menyediakan lokasi khusus untuk pembuangan limbah rumah sakit. Sebab limbah medis ini cukup berbahaya. Jadi harus memperhatikan instalasi pengelolaan air limbah (Ipal). “Jadi Ipal yang dibuat harus betul-betul berkualitas. Jangan asal-asalan, baru satu tahun rusak atau dibenahi. Kalau bisa dapat bertahan 10 sampai 20 tahun,”jelasnya. Menurutnya, ancaman limbah rumah sakit akan sangat berbahaya bila tidak ditangani secara baik. Ini penting diperhatikan sejak awal.

“Kalau ini tidak dikelola secara baik akan menyebabkan pencemaran lingkungan. Bahayanya bukan saja kepada pengunjung rumah sakit tapi juga para petugas di rumah sakit tersebut. Bukan hanya itu beberapa hal terkait Amdal juga harus secepatnya dilengkapi,”ungkapnya.

Suasana rapat pembahasan Amdal RS Jantung.

Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan finalisasi pembahasan dokumen Amdal dan Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) serta Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) pembangunan RS Jantung. “Kita finalisasi Amdal karena Amdal itu sangat penting dalam pembangunan gedung. Mudah-mudahan semua sepakat baik Pemkot serta pemerhati amdal. Kami harap hasil finalisasinya bisa cepat selesai. Sehingga proses pembangunan lanjutan bisa secepatnya kita lakukan lagi,”katanya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy