Alhamdulillah, Muna Barat Sekarang Sudah Punya SPBU – Kendari Pos
Metro Kendari

Alhamdulillah, Muna Barat Sekarang Sudah Punya SPBU

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilik kendaraan di Muna Barat (Mubar) tak perlu lagi ke daerah tetangga. Kini, Mubar telah memiliki stasiun pengisian BBM berlisensi PT Pertamina. Senin (27/1), Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berlokasi di Desa Sukadamai, Kecamatan Tiworo Tengah resmi beroperasi.

Bupati Mubar saat meresmikan SPBU

Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada mengatakan keberadaan SPBU diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan ketersediaan BBM. Tidak hanya untuk kendaraan bermotor, namun juga kebutuhan nelayan, industri lokal dan lainnya. Dengan begitu, bisa berimbas pada perekonomian masyarakat.

“Sebelum berdiri SPBU, UD Bahari mendirikan Agen Premium Minyak dan Solar (APMS) pada tahun 2007. Seiring berjalannya waktu, tahun 2017 mengajukan peningkatan status kepada pihak Pertamina. Pembangunan SPBU yang dimulai tahun 2018 bisa dirampungkan tahun ini. Sejak berdiri 2014 lalu, ini adalah SPBU pertama di Mubar,” ungkap LM Rajiun.

Bupati Muna Barat (Mubar), LM Rajiun Tumada mendatangani prasasti peresmian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berlokasi di Desa Sukadamai, Kecamatan Tiworo, Senin (27/1)

Atas nama Pemda, LM Rajiun memberikan apresiasi kepada pihak Pertamina, UD Bahari dan BPH Migas. Khusus PT Pertamina, Rajiun berharapagar kuota BBM di Mubar ditingkatkan. Itu dengan pertimbangan meningkatnya jumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat bahkan alat berat yang beroperasi dalam melakukan pengerjaan infrastruktur di Mubar. “Saya berharap kepada perwakilan Pertamina, kuota BBM dapat ditingkatkan mengingat kebutuhan masyarakat meningkat,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Pemda kini tengah memulai pembangunan SPBU perikanan di Pajala Kecamatan Maginti. Ia berharap pembangunannya bisa segera tuntas sehingga dapat beroperasi. “Saya berharap pembangunan bisa dituntaskan sesuai jadwal,” ujar pasangan Achmad Lamani ini.
Perwakilan Pertamina SBM VII Sultra, Arief Rokman Hakim mengatakan kuota BBM jenis premium tahun ini mengalami peningkatan. Tahun 2019 lalu, premium yang terdistribusi sebesar 835 KL. Pada tahun 2020 dinaikan menjadi 1.253 KL. Namun untuk jenis solar mengalami penurunan. “Untuk jenis solar hanya sekitar 1.261 KL. Tahun lalu, sebanyak 1.320 KL,” ujarnya. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy