40 Mahasiswa PPA-FF UHO Ikuti UKAI – Kendari Pos
Edukasi

40 Mahasiswa PPA-FF UHO Ikuti UKAI

Mahasiswa Pendidikan Profesi Apoteker UHO sebelum mengikuti tes UKAI berbasis CBT.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 40 mahasiswa Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi (PPA-FF) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengikuti Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) yang serentak dihelat secara nasional. 40 mahasiswa tersebut merupakan angkatan I dari PPA-FF UHO yang berhasil sampai pada tahap UKAI ini.

Dekan Farmasi, Dr. Ruslin, M.Si., mengungkapkan bahwa UKAI sendiri terdiri dari ujian berbasis komputer Computer Based Test (CBT) yang menilai aspek kognitif serta pengetahuan seluruh mahasiswa, dan Objective Struture Clinical Examination (OSCE) yang menilai aspek behaviour (keterampilan spesifik serta sikap). “Untuk ujian OSCE telah berlangsung pada 18 Januari 2020 kemarin yang didikuti oleh 40 mahasiswa dari PPA—FF UHO,” ungkapnya pada Kendari Pos, Minggu (26/1).

Dijelaskan bahwa OSCE sendiri meliputi 10 station dengan ujian yang berbeda disetiap stationya. “Ujian ini merupakan salah satu tahap ujian yang menilai keterampilan dari mahasiswa sebagai tenaga apoteker,” tuturnya.

Adapun CBT, merupakan ujian yang meliputi pengetahuan umum dari mahasiswa, yang terdiri dari 200 soal yang diujikan. “Untuk tes CBT ini berlangsung pada Minggu, (26/1), yang diikuti sebanyak 43 orang terdiri dari 40 mahasiswa PPA-FF UHO, satu orang dari Univeristas 45 Jakarta, dia orang dari Universitas Muslim Indonesia (UMI),” katanya.

Untuk itu pihaknya berharap, agar seluruh mahasiswa yang mengikuti tes UKAI ini, bisa memperoleh hasil yang memuaskan. Sehingga, seluruh lulusan dari PPA FF UHO dapat memiliki sertifikat kompetensi yang bisa digunakan untuk melakukan praktik di tengah-tengah masyarakat. “Tentunya seluruh mahasiswa ini bisa lulus UKAI dengan hasil yang baik,” tuturnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy