2020, Kota Kendari Target Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan – Kendari Pos
Metro Kendari

2020, Kota Kendari Target Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan

KENDARIPOS.CO.ID — Ragam upaya ditempuh Pemkot Kendari untuk membebaskan daerah dari status Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Kendari akan membuat penyedotan layanan lumpur tinja terjadwal (L2T2) serta Bank Sampah yang bisa digunakan masyarakat. Tahun ini, seluruh Kelurahan ditarget bebas BABS. Sekertaris Kota Kendari, Nahwa Umar mengaku akan mendeklarasikan L2T2 dan Bank Sampah kepada seluruh masyarakat. Untuk itu, perempuan berhijab ini menekankan terkait jadwal sosialisasi harus segera dilakukan dengan diawali gerakan langsung oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Kendari.

“Target 2020 pelanggan L2T2 dari ASN adalah 80 persen. Terkait dengan tarif penyedotan L2T2 akan diatur dalam Perwali jika belum bisa termuat dalam Perda. Sebab, ada banyak dampak yang baik bagi lingkungan apabila penyedotan L2T2 secara rutin,” bebernya. Menurutnya, layanan ini akan mendorong peluang kerjasama dalam pengangkutan Lumpur Tinja dari Tangki Septik ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) dengan pihak swasta untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita akan mendeklarasikan bahwa Kota Kendari bebas dari BABS pada tahun 2020 yang mana betepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Kendari,” tandasnya. Berdasarkan Data Kelompok Kerja (Pokja) Sanitasi Kota Kendari menyebutkan, layanan air limbah domestik tahun 2019 mencapai angka 99.42 persen atau 0.58 persen BABS. Untuk itu, pembangunan tangki septik kedap melalui dana CSR harus ditingkatkan, guna mengurangi BABS yang masih terjadi di masyarakat. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy