15 Puskesmas di Konsel Terakreditasi – Kendari Pos
Konawe Selatan

15 Puskesmas di Konsel Terakreditasi

Bupati Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga (kiri, kacamata) menyerahkan Sertifikat Akreditasi kepada 15 Puskesmas di Konsel.

KENDARIPOS.CO.ID — Komitmen Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terus dioptimalkan. Hal tersebut dibuktikan saat memimpin Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Tingkat Kabupaten yang terpusat di Halaman Puskesmas Wolasi, Sabtu (4/1) lalu. Raker tersebut dilaksanakan dalam rangka sinergitas peningkatan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau didukung pelayanan prima dan tenaga profesional.

Pada kesempatan itu, Surunuddin menyerahkan Sertifikat Akreditasi yang merupakan hasil penilaian Akreditasi yang dilakukan tim surveyor Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kemenkes pada Tahun 2018 lalu kepada Puskesmas Lalowaru, Moramo, Atari Jaya, Mowila, Landono, Bina Maroa, Landono dan Kolono. Selanjutnya, penyerahan Akreditasi hasil penilaian Tahun 2019 kepada Puskesmas Wolasi, Konda, Baito, Tumbu-Tumbu Jaya, Laonti, Basala, Pamandati. Hasil akreditasi ke-15 Puskesmas tersebut diatas bervariasi mulai dari terakreditasi Dasar, Madya hingga Utama.

Bupati turut membagi-bagikan handphone. Ponsel android ini tak lain akan menjadi sarana komunikasi dalam mendukung Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) kepada Puskesmas Lainea, Palangga dan Tinanggea, yang kegunaannya untuk mendata Keluarga di Wilayah Puskesmas masing-masing, melalui aplikasi Profil Kesehatan Keluarga (Prokesga).

Surunuddin menghimbau agar Dinas Kesehatan bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Penggerak PKK dan pihak lainnya agar kinerja dan perencanaan di bidang kesehatan dapat lebih optimal.

“Karena bidang Kesehatan berperan penting sebagai salah satu indikator penentu berhasil tidaknya RPJMD Konsel yang sudah ditetapkan. Dan akreditasi ini, merupakan bagian dari cara mensukseskan RPJMD dibidang kesehatan dan untuk mendorong Rumah Sakit dan Puskesmas dalam meningkatkan kualitas pelayanan kemasyarakat didukung ketersediaan sarana, prasarana memadai dan tenaga medis yang lebih profesional,” imbuhnya.

Di sisi lain, pihaknya terus mengupayakan Puskesmas yang ada untuk dinaikkan statusnya menjadi Badan Layanan Unit Daerah (BLUD) Pratama.

“Supaya kedepan Puskesmas bisa mandiri dan memanajemen dirinya sendiri. Artinya tidak bergantung pada tingkat diatasnya, sehingga lebih cepat dalam mengambil keputusan jika ada yang urgent, dalam hal pemberian pelayanan kesehatan ke masyarakat, seperti penyediaan tenaga dokter spesialis,” terangnya.

Upaya dalam mengakreditasi seluruh Puskesmas lanjut mantan ketua DPRD Konsel ini, bukan hanya sekedar memenuhi persyaratan administrasi saja, tetapi bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Yang juga merupakan konsentrasi utama kita dalam membangun daerah ini, yang keberhasilan pelayanan tergantung dipundak aparatur dan tenaga kesehatannya,” ujarnya.

Untuk itu, pasangan Arsalim Arifin ini berharap agar semua elemen, khususnya aparatur kesehatan memiliki tanggung jawab sama dengan terus berinovasi dan bekerja lebih maksimal. Dikatakannya, untuk mendukung kinerja dibidang kesehatan dan memudahkan akses serta kemudahan layanan, dirinya menghubungkan lintas Kecamatan yang akan dilanjutkan di lintas Desa. Dengan melakukan pengaspalan menuju Puskesmas, juga merevitalisasi Gedung dan menambah Ruang Kesehatan (Rawat Inap).

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy