Wow… Prototipe Helikopter Karya Irwan Adi Asal Kendari – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Wow… Prototipe Helikopter Karya Irwan Adi Asal Kendari

Uji coba Prototipe Helikopter Karya Irwan Adi Asal Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Sosok mendiang Prof.BJ.Habibie menginspirasi Irwan Adi membuat prototipe helikopter. Semula dia ingin membuat prototipe pesawat namun ketiadaan lahan memadai, niat itu urung diwujudkan. Prototipe helikopter karya Irwan Adi sempat dipamerkan dalam Expo Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas).

Raungan mesin helikopter yang terbang rendah di atas rumah, membuat Irwan Adi kecil penasaran. Berlari keluar rumah dan menyaksikan helikopter terbang,perlahan menjauh.
Kala itu, Irwan masih duduk di kelas 5 Sekolah Dasar. Sejak saat itu, minatnya terhadap dimensi kedirgantaraan tumbuh.

Keinginannya memiliki helikopter menggebu-gebu. Berbekal peralatan sederhana, Irwan mulai merealisasikan mimpinya. Miniatur helikopter dirancang dari bahan gabus hingga bekas wadah sabun colek. Irwan memodifikasi dinamo radio tape sebagai mesin penggerak helikopter buatannya. “Sejak kecil saya buat sendiri dari bahan dasar gabus. Dari situ saya sudah paham cara kerjanya kalau mau terbang harus seperti ini,”jelas Irwan Adi.

Bahkan sebelum masuk SD, Irwan sudah bisa membuat miniatur pesawat kecil dari pelepah sagu. “Sebab kalau dari pelepah sagu itukan agak gampang dibuat. Kadang juga saya buat dari gabus bekas TV untuk membuat kapal laut, pesawat terbang. Sejak kecil saya memang senang modifikasi-modifikasi seperti itu,”ujarnya saat ditemui Kendari Pos, kemarin.

Menginjak usia remaja, pria kelahiran 12 Januari 1972 itu memilih belajar di STM Kendari (kini SMKN 2 Kendari). Awalnya ia ingin membuat prototipe pesawat, namun karena tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk landasan pacunya, makanya ia langsung beralih pada prototipe helikopter.

Berbekal pengalaman dan pengetahuan dibangku SMK dan tempat kursus serta tutorial di google, tahun 2010 Irwan berkeinginan membuat helikopter sungguhan. Selain mempelajari lebih detail mengenai helikopter melalui buku dan youtube ia juga mengumpulkan dana. Sebab membuat prototype helikopter memerlukan anggaran yang tidak sedikit.

“Waktu itu saya mulai buat, tapi mungkin karena peralatan yang terbatas jadi bisa dikatakan belum layaklah. Waktu itu gagal. Saya membuatnya hanya enam bulan. Obsesinya terlalu tinggi tapi gagal,”jelasnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy