Waspadai Keterlibatan Pemodal di Pilkada – Kendari Pos
Politik

Waspadai Keterlibatan Pemodal di Pilkada

Hamiruddin Udu
Ketua Bawaslu Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Keterlibatan pemodal dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Sulawesi Tenggara (Sultra) harus diwaspadai sejak dini. Pernyataan itu dilontakan Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu, Senin (23/12). Ia mengatakan, potensi pengusaha ikut terlibat dalam pesta demokrasi sangat besar. Terutama di daerah-daerah yang memiliki tambang. “Kekuatan yang dimiliki terletak pada modal. Mereka mendorong calon yang dinilai berpotensi menang. Kepentingan pengusaha terhadap calon pemimpin ini terkait kelancaran usaha,” ujar Hamiruddin, kemarin.

Ia menduga, para pengusaha memiliki lembaga survei sendiri untuk memastikan tidak salah memilih figur. Petahana pun belum tentu mendapat dukungan jika keterpilihannya dinilai tidak akan menguntungkan mereka. Sayangnya, kata Hamiruddin, para pengusaha tersebut tidak “bermain” secara vulgar sehingga sulit dideteksi. Daerah yang dinilai sangat rawan keterlibatan pengusaha antara lain Kolaka Timur (Koltim), Konawe Selatan (Konsel), Konawe Utara (Konut), dan Konawe Kepulauan (Konkep). “Pengusaha ini hanya mengoper uang. Sehingga sulit ditemukan,” tuturnya.

Selain keterlibatan pemodal, ia juga membeberkan sejumlah potensi kerawanan lainnya. Wakatobi misalnya terkenal dengan politik uang yang sangat masif. “Setiap kontestasi di Wakatobi banyak uang beredar. Daerah lainnya yang juga rawan politik uang antara lain Konsel, Konkep, dan Konut. Apalagi Konut daerah tambang dan jumlah penduduknya sangat kecil. Kompetisi sangat kuat,” analisanya. Sementara itu, konflik antar massa pendukung rawan terjadi di Buton Utara (Butur) dan Muna. Untuk netralitas ASN, daerah yang dianggap paling rawan meliputi Muna, Konsel, dan Koltim.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy