Warga Gunung Jaya-Sampoabalo Ikrar Damai, Gubernur dan Bupati Buton jadi Saksi – Kendari Pos
Buton

Warga Gunung Jaya-Sampoabalo Ikrar Damai, Gubernur dan Bupati Buton jadi Saksi

KENDARIPOS.CO.ID — Juni lalu, warga Desa Gunung Jaya dan Desa Sampoabalo Kecamatan Siotapina, Buton dilanda konflik. Kesigapan aparat TNI dan Polri bersama Pemkab Buton berhasil meredam konflik. Kini, dua desa itu berikrar untuk hidup berdampingan dalam balutan kedamaian. Ikrar itu ditabalkan dalam naskah yang ditandatangani di hadapan Gubernur Sultra, Ali Mazi, Danrem 143 HO, Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, dan Bupati Buton, La Bakry, Kamis (12/12).

Usai meneken naskah, perwakilan dan masyarakat dari dua desa serentak membaca ikrar tersebut. Naskah deklarasi damai itu diteken Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Bupati Buton, La Bakry sebagai saksi. Selain itu, tokoh deklarator Desa Gunung Jaya, Tono dan deklarator Desa Sampuabalo, La Ode Faisal.

Danrem 143 HO, Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto mengatakan demi meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah itu, TNI akan membangun Koramil tahun depan. “Pembangunan Koramil bersama dengan Pemkab Buton. Lahannya sudah siap. Insya Allah tahun 2020 kita rencana bangun Koramil,” ujarnya. Bupati Buton, La Bakry menguapresiasi peran Forkopimda di Buton yang telah membantu menangani konflik sosial antara Desa Gunung Jaya dan Sampuabalo berjalan lacar. “Semoga ke depan, Buton bisa lebih berkembang sehingga dapat setara dengan daerah-daerah lainnya di Sultra,” kata La Bakry.

Gubernur Sultra Ali Mazi (dua dari kanan), Bupati Buton La Bakry (tiga dari kanan) serta forkopimda sebagai saksi Deklarasi Damai warga Desa Gunung Jaya dan Sampuabalo Kecamatan Siotapina, Buton

Gubernur Sultra, Ali Mazi berharap konflik sosial tidak terjadi lagi di masa mendatang. Terutama di Desa Gunung Jaya dan Sampuabalo. “Saya percaya masyarakat di dua desa ini adalah masyarakat yang berbudaya. Kita di Buton dan Sulawesi Tenggara ini mempunyai adat istiadat yang saling hormat menghormati, harga menghargai sesama kita,” kata Ali Mazi.

Ali Mazi mengajak masyarakat membangun Kabupaten Buton dan Provinsi Sultra kearah yang lebih baik. “Mari kita bersatu membangun daerah ini. Bantuan dari pemerintah kepada kedua desa harus dimanfaatkan dengan baik dan dijaga sehingga pertumbuhan ekonomi di Desa Gunung Jaya dan Sampuabalo bisa semakin membaik. Dengan begitu pengangguran dan kemiskinan juga bisa teratasi,” ujar Ali Mazi. (mel/d)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy