Vessel PT. PJM Diduga Beroperasi Secara Liar, Syahbandar Tak Bertaring – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Vessel PT. PJM Diduga Beroperasi Secara Liar, Syahbandar Tak Bertaring

KENDARIPOS.CO.ID — Dua unit kapal jenis Vessel berlabuh di perairan Tolala, Kolaka Utara, awal pekan ini. Kehadiran kapal pengangkut ore nikel yang didatangkan PT.Patrindo Jaya Makmur (PJM) itu mengundang tanda tanya terkait dokumennya.

Dua unit kapal jenis vessel yang didatangkan PT.PJM berlabuh di perairan Tolala, Kolaka Utara. Kapal itu diakui pihak perusahaan akan mengangkut sisa ore berkadar rendah dari IUP-nya.

Dari sisi kewenangan, Syahbandar Kolaka yang membawahi wilayah perairan Kolut tak punya taring untuk menghentikan dua kapal vessel berlabuh. Kepala Syahbandar Kolaka, Hasfar mengatakan, pihaknya tidak punya kewenangan menghentikan vessel. “Kalau izin informasi pemberitahuan masuk (berlabuh di Kolut, red) kapal itu ada. Itu baru sekedar masuk saja,” ujarnya kemarin.

Syahbandar Kolaka hanya dapat sekedar menunda. Itupun apabila dokumen kapal tidak lengkap sesuai hasil verifikasi dan telah diputuskan melalui pengadilan serta terkait kelayakan pelayaran apabila cuaca buruk. “Terus terang selama ini saya terus diserang jika ada persoalan begini karena tidak bisa menghentikan dan menganggap semua kewenangan ada pada kami,” ungkap Hasfar.

Menurut Hasfar, legalitas yang harus diperiksa adalah dokumen kapal, pemuatan dari lokasi PT.PJM, dokumen anak buah kapal (ABK) dan dokumen barang. Oleh karena ini menyangkut hasil tambang maka dokumen itu seharusnya diperiksa oleh surveyor independen dari Dinas ESDM berikut izin ekspor dari Bea Cukai yang tertuang dalam Laporan Hasil Verifikasi.

“Kalau tidak lengkap maka kewenangan kami hanya bisa pada sebatas menunda pemberangkatan, bukan menghentikan. Kalau soal sorotan muatan atau diambil dari IUP mana, kita tidak tahu menahu,” jelas Hasfar.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy