Uang Koin Bisa Picu Inflasi Bila Fungsi Receh Tidak Maksimal – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Uang Koin Bisa Picu Inflasi Bila Fungsi Receh Tidak Maksimal

Surya Alamsyah

KENDARIPOS.CO.ID — Di era teknologi saat ini, sebagian masyarakat sudah memanfaatkan layanan pembayaran digital. Selain karena cepat, pecahan dengan nilai kecilpun terakomodir (tercatat). Hal tersebut secara tidak langsung membuat uang receh (koin) perlahan mulai ditinggalkan, bahkan tidak tidak sedikit pedagang kecil dan ritel menolak pembelanjaan menggunakan uang receh.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sultra, Surya Alamsyah mengimbau masyarakat agar tetap menggunakan uang koin sebagai alat pembayaran karena sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang meski disisi lain sudah banyak yang menggunakan uang elektronik. “Semua wajib menggunakan rupiah, baik dalam bentuk pecahan uang kertas maupun koin,” kata Surya usai Rakor Rakor Sensus Penduduk 2020 yang berlangsung di Hotel Claro beberapa waktu yang lalu.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya secara masif mendorong masyarakat agar tetap bertransaksi menggunakan uang koin. Upaya yang telah dilakukan misalnya sosialisasi cinta rupiah dan peduli koin. “Semua sudah kami laksanakan dan kedepan tentunya kami akan modifikasi lagi supaya masyarakat tetap menggunakan dan memperlakukan koin dengan baik sesuai dengan fungsinya sebagai alat pembayaran yang sah di Negera Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

Ditanya soalnya sanksi bagi mereka yang menolak menerima pembayaran uang rupiah, Irfan enggan menyebutkan. “Sanksinya ada, memang cukup berat sih. Kalau disanksi nanti banyak toko yang tutup. Nanti banyak juga orang yang kurang belanja pakai koin,” tuturnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy