Terkait Eks Koruptor Ikut Pilkada 2020, Bawaslu Usul UU Pilkada Direvisi – Kendari Pos
Nasional

Terkait Eks Koruptor Ikut Pilkada 2020, Bawaslu Usul UU Pilkada Direvisi

KENDARIPOS.CO.ID — Bekas narapidana kasus korupsi diperbolehkan maju di Pilkada serentak 2020 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan dan aturan itu diperbolehkan dalam PKPU Nomor 18/2019.

Abhan

Menanggapi hal tersebut, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Abhan mengatakan perlu ada sinergi antara KPU dan para anggota dewan di parlemen. Sehingga nantinya DPR bisa sepakat melarang bekas narapidana korupsi ikut pilkada dengan rujukan undang-undang (UU). “Kami kira ini yang perlu di dorong parlemen ya, agar persoalan itu dinormakan di undang-undang,” ujar Abhan saat ditemui di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (10/12).

Menurut Abhan, hak politik itu hanya bisa dicabut dengan dua hal. Pertama putusan pengadilan, dan kedua adalah adanya rujukan dari UU Pilkada.“Ya sekarang kita dorong DPR sekarang untuk dinormakan, diundang-undangkan,” katanya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy