Tercemar Akibat Pertambangan Nikel, Warga Batu Putih Kesulitan Air Bersih – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Tercemar Akibat Pertambangan Nikel, Warga Batu Putih Kesulitan Air Bersih

Aktivitas penambangan ore nikel oleh PT.Kasmar Tiar Raya menambang di Desa Tetebawo, Kolut. Kini,warga desa kesulitan mendapat air bersih lantaran sumber air sudah tercemar.

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas pertambangan ore nikel di Tetewabo, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menjadi bencana bagi warga. Mereka kini kesulitan mendapat air bersih lantaran sumber air sudah tercemar.

PT.Raidili Pratama yang juga selaku Joint Operation (JO) PT Tambang Mineral Maju (TMM) serta PT.Kasmar Tiar Raya (KTR) beroperasi di Desa Tetebawo. Lokasi penambangan PT.Raidili Pratama dan PT.KTR berdampingan. Aktivitas tiga perusahaan itu membuat sungai yang menjadi urat nadi kehidupan warga kini berwarna merah, tercemar.

Warga Desa Tetebawo, Hj.Andi Emmi mengatakan dampak tercemarnya sumber air memang telah direspons perusahaan namun kesannya hanya menggugurkan kewajiban. Janji sumur bor untuk beberapa warga telah dihentikan karena mesinnya rusak. “Sumur bor baru 2-3 rumah tapi sudah berhenti karena katanya mesin rusak tetapi tidak juga diperbaiki sampai sekarang. Jadi sama saja tidak bisa dipakai juga sumur bor itu,” ujarnya, Kamis (26/12).

Warga menuding PT.Raidili biang kerok pencemaran sumber air di Desa Tetebawo. Pengadaan sumor bor sudah dilakukan perusahaan dengan menggendeng Pemerintah Desa (Pemdes) Tetebawo. PT Raidili menangani pengeboran dan pengadaan dinamo ditanggung Pemdes. “Kades berjanji akan mengadakan dinamo. Sebagian sudah ada tetapi tidak bisa dipakai karena sumor bor-nya tidak ada. Jadi sampai kapan kita begini (menderita),” ungkap Hj.Andi Emmi.

Karena sumber air tercemar dan janji sumur bor juga tidak kunjung beres, warga setempat kesulitan air. Jangankan untuk mencuci, untuk kebutuhan air minum saja susah. “Itu (pencemaran) yang hancurkan kita di sini. Kita menderita betul,” keluh Hj.Andi Emmi.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy