Tahun Ini, 20 TKI Ilegal Sultra Dipulangkan Tinggal Jenazah – Kendari Pos
Metro Kendari

Tahun Ini, 20 TKI Ilegal Sultra Dipulangkan Tinggal Jenazah

KENDARIPOS.CO.ID — Setiap tahun, ribuan warga Sultra berangkat ke luar negeri untuk mengadu nasib. Mereka memilih menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) alias Tenaka Kerja Indonesia (TKI) dengan ragam alasan. Ada yang menjadi TKI ilegal sehingga sulit dipantau langsung oleh pemerintah. Identitas kebangsaan mereka diketahu sebagai warga Indonesia ketika sakit atau meninggal dunia. Kepala Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ( LP3TKI) Kendari Syahrul Afriyadi membenarkan hal itu. Dia menyebut tahun ini sudah 20 orang TKI asal Sultra yang pulang hanya jenazah. Itu merupakan warga dari berbagai kabupaten di Sultra.

“Dua minggu terakhir ini, sudah 2 jenazah TKI kita pulangkan. Dua-duanya warga Muna Barat. Sekarang, kita sudah dihubungi lagi dari Pontianak, ada warga Konawe dipulangkan dari Malaysia karena sakit parah,” katanya kepada Kendari Pos. Kata dia, pengalaman ini seharusnya sudah menjadi peringatan serius untuk semua pihak. “Mau sampai kapan warga kita seperti ini. Kasian warga kita. Semua instansi pemerintah harusnya bekerja sama untuk fokus menyelesaikan ini. Membendung agar semangat kerja di luar negeri ini jangan sampai melupakan aturan. Harus berdokumen lengkap,” lanjutnya.

Pihaknya, lanjut dia, gencar melakukan sosialisasi dengan mendatangkan mitra-mitra pemerintah dalam urusan pekerja migran. ia berharap mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah untuk ikut aktif mengawasi warganya. “Di Wakatobi dan wilayan Buton itu paling sering berangkat lewat Baubau. Kita akan bangun unit di sana, agar masyatakat lebih dekat dengan pelayanan. Dokumen migran itu gratis kok. Kalau berangkat resmi, akan lebih baik,” tambahnya. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy