Tahun Duka, Oleh : Dahlan Iskan – Laman 3 – Kendari Pos
Kolom

Tahun Duka, Oleh : Dahlan Iskan

Pesawat yang lebih kecil dari ini lama-lama hilang. Seperti Fokker 28 sampai Fokker 100. Bahkan Bombardier regional juga gagal. Jenis pesawat yang ukurannya sedikit lebih besar dari itu juga dimakan B 737. Termasuk memakan produk Boeing sendiri. Seperti 757 dan 767.

Kalau mau menghindari bersaing dengan B 737 sekalian yang besar. Seperti Boeing 777. Yang juga sukses besar. Yang juga memakan pasar ukuran yang lebih besar –seperti Boeing 747. Bahkan Airbus yang bikin sejarah dengan A 380 tidak tahan. Airbus sudah memutuskan untuk menghentikan produksi A 380 –yang amat saya banggakan itu. Boleh dikata Airbus kalah di semua segmen. Boeing-lah raja dunia.

Kuncinya adalah efisiensi. Terutama dalam penggunaan bahan bakar. Di era BBM mahal, energi adalah tuhan di segala bisnis. Ternyata, pun raja bukan tidak bisa kalah. Akhirnya Airbus menemukan cara menghemat BBM itu. Lebih hemat dari B 737 seri apa pun. Desain baru itu dirahasiakan total. Sambil dikerjakan. Intelijen Boeing kecolongan. Atau ini hukum alam biasa saja.

Sang Raja overconfident. Merasa tidak akan ada lagi yang lebih hebat. Ternyata yang kalah tidak selamanya kalah. Awan hitam tidak akan berada di satu tempat terus menerus. Desain baru Airbus akan bisa mengalahkan B 737. Bahan bakarnya akan lebih irit sampai 20 persen. Bukan main.

Itulah jenis pesawat yang disebut A 330 Neo. Yang Garuda memesan dua buah. Salah satunya sudah jadi. Ketika dikirim ke Jakarta dipakai angkut sepeda Brompton dan Harley Davidson itu. A 330 Neo ini larisnya bukan main. Boeing merasa kecolongan. Untuk menghadang Neo tidak mudah. Harus membuat desain baru. Itu butuh waktu tahunan. Keburu Airbus menggerus pasar Boeing.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy