Tahun Duka, Oleh : Dahlan Iskan – Laman 2 – Kendari Pos
Kolom

Tahun Duka, Oleh : Dahlan Iskan

Peluncuran jenis baru itu dilakukan –tumben– secara sederhana. Tidak dalam suasana wow. Tidak pula mengundang calon-calon pembeli. Pun media masa. Peluncurannya hanya dilakukan di depan karyawan sendiri. Kecil-kecilan. Media hanya tahu dari siaran pers yang dikeluarkan Boeing. Itu pun pendek saja. Dengan hanya menyertakan satu foto. Yakni foto peluncuran itu.

Kapan FAA mengizinkan Boeing 737 MAX 8 terbang? “Kami tidak bisa menetapkan waktunya. Keselamatan adalah yang utama,” begitu keterangan resmi badan otoritas penerbangan Amerika itu.
Dengan sikap FAA seperti itu Boeing akhirnya bikin keputusan. Minggu lalu. Bahwa mulai Januari depan jenis pesawat itu tidak diproduksi lagi.

Sang CEO lantas meletakkan jabatan. Belum ada penjelasan akan diapakan yang sudah telanjur jadi. Atau yang sudah dikirim itu. Itulah hasil puncak persaingan pasar bebas. Antara Boeing Amerika dan Airbus Perancis.

Selama ini Boeing-lah pemenangnya. B 737 adalah gacoan Boeing. B 737 ibarat gadis cantik yang seksi. B 737 hampir selalu sukses. Sejak seri 200. Kian sukses lagi di seri 300. Disusul sukses berikutnya: seri 800. Yang ujung sayapnya melengkung ke atas itu.
Lalu seri 900. Yang banyak dibeli Lion Air itu.

Boeing masih terus sukses di seri berikutnya: 900NG (Next Generation). Lion juga punya banyak seri ini. Yang kurang sukses hanya seri 400 yang agak besar dan seri 500 yang agak pendek.
Pokoknya, untuk pesawat ukuran 3 kursi di barisan kiri dan 3 kursi di barisan kanan Boeing 737 adalah rajanya. Jenis pesawat ini begitu efisiennya. Kapasitasnya dianggap paling ideal: sekitar 190 penumpang. Jarak tempuhnya bisa lebih 3.000 km.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy