Tahun Depan, Sensus Penduduk Pakai Metode Kombinasi – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Tahun Depan, Sensus Penduduk Pakai Metode Kombinasi

Kepala BPS Perwakilan Sultra, Moh Edy Mahmud (ketiga dari kanan) sempatkan foto bersama sebelum Rakor Sensus Penduduk 2020 di Hotel Claro Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Mulai tahun depan, Badan Pusat Statistik (BPS) akan melaksanakan sensus penduduk yang ketujuh (SP 2020). Menariknya, dalam sensus penduduk mendatang, BPS berkolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatnan Sipil (Disdukcapil), BKKBN dan beberapa lembaga lainnya yang ada di Sultra.

Bank Indonesia (BI) sangat menyambut baik pelaksanaan sensus sepuluh tahunan itu. “Sensus mendatang menggunakan metode baru. Metode Kombinasi secara online yang sumber datanya dipadukan dengan data dari Disdukcapil dan BKKBN. Pasti lebih komplit dan cepat,” kata Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sultra, Surya Alamsyah disela Rakor Sensus Penduduk 2020 yang berlangsung di Hotel Claro Kendari, kemarin.

Pelaksanaan sensus penduduk tahun depan sangat penting bagi Bank Indonesia kata Surya. Hal tersebut dikarenakan hasil dari sensus tersebut bisa menggambarkan kondisi ketenagakerjaan yang ada di Sultra. Kemudian kita juga bisa tahun pekerjaan yang mendominasi masyarakat itu apa, jumlah penduduk berapa, apakah kita sudah siap menghadapi bonus demografi mendatang, atau malah bonus demografi tersebut justru menjadi bebean bagi negara.

“Jadi dengan adanya sensus penduduk ini bisa menjadi dasar kita untuk membuat planing kedepannya. Bagaimana kita memanfaatkan bonus demografi ini untuk memaksimalkan potensi ekonomi yang kita miliki dan juga kita mengembangkan kapasitas dari tenaga kerja muda yang saat ini kita miliki,” kata Surya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) OJK Perwakilan Sultra, Ridhony Marisson Hasudungan Hutasoit mengungkapkan bahwa langkah yang dilakukan oleh BPS untuk berkolaborasi dengan sejumlah pihak sangatlah tepat. Hal tersebut agar data yang dihasilkan bisa semakin akurat.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy