Syarat Surat Dokter Bagi Disabilitas akan Dihapus – Kendari Pos
Politik

Syarat Surat Dokter Bagi Disabilitas akan Dihapus

La Ode Abdul Natsir Muthalib

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan agar dilakukan revisi Peraturan KPU (PKPU). Terdapat 11 isu strategis yang diusulkan tersebut. Salah satunya adalah penghapusan syarat melampirkan surat keterangan dokter bagi pemilih disabilitas mental dan psikososial.

Diungkapkan Ketua KPU Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Abdul Natsir Muthalib, penghapusan tersebut sebagai bentuk upaya KPU untuk menjamin pemilih dalam kondisi apapun selama memenuhi syarat masuk daftar pemilih tetap (DPT). “KPU melakukan pendataan pemilih dari rumah ke rumah atau rumah sakit jiwa. Mereka ini pasien yang masih memiliki harapan untuk sembuh. Mungkin pada saat pendataan masih mengalami disabilitas mental, tapi beberapa waktu kemudian sembuh. Sama halnya orang sehat yang tidak ada jaminan sehat selamanya. Jadi, bukan (orang gila) di jalan. KPU tidak pernah mendata mereka,” ujar Abdul Natsir, kemarin.

Prinsip yang dianut KPU dalam pendataan data pemilih, terangnya, adalah jaminan terhadap hak pilih warga negara. Penyandang disabilitas mental dan psikososial harus tetap dijamin hak politiknya karena gangguannya tidak bersifat permanen. Hal tersebut sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 135/PUU-XIII/2015 yang menyatakan jika pemilih disabilitas mental dijamin hak pilihnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy