Surunuddin Janji Tuntaskan Sengketa Lahan Transmigrasi – Kendari Pos
Konawe Selatan

Surunuddin Janji Tuntaskan Sengketa Lahan Transmigrasi

Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga (dua dari kanan, kemeja kuning) memimpin rapat fasilitasi penanganan permasalahan pertanahan transmigrasi di Rujabnya akhir pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Lima unit pemukiman transmigrasi (UPT) di Konawe Selatan (Konsel) berbatasan dengan perusahaan perkebunan. Ironisnya, ada beberapa lahan yang masuk kawasan perusahaan perkebunan. Tak ingin berlarut-larut, Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga berinisiatif mengundang semua pihak duduk satu meja. Orang nomor satu di Konsel ingin memastikan persoalan tumpang tindih kepemilikan lahan bisa segera dituntaskan.

Surunuddin menjamin kepemilikan lahan transmigran. Makanya, ia akan segera mensertifikatkan lahan maupun pekarangan transmigrasi yang belum memiliki surat kepemilikan. Untuk itulah, ia akan menginstrusikan jajarannya mendata dan melakukan verifikasi ulang. Makanya, ia meminta warga transmigran agar tetap tenang dan percaya langkah yang diambil pemerintah.

“Terkait masalah lahan, warga trans tidak perlu risau lagi, karena kita akan terbitkan sertifikatnya dengan terlebih dahulu mendata dan memverifikasi ulang seluruhnya, setelah itu kita serahkan kepemilikan resmi lahannya,” ujarnya saat memimpin rapat fasilitasi penanganan permasalahan pertanahan transmigrasi di Rujabnya akhir pekan lalu.

Di Konsel, terdapat lima UPT yang bersebelahan dengan perusahaan perkebunan. Yakni UPT Amohola SP 1 tahun 2008 yang dihuni 200 KK, UPT Arongo 2010 sebanyak 500 KK, UPT Tolihe tahun 2012 sebanyak 250 KK, UPT Amohola SP 2 tahun 2013 sebanyak 190 kk, dan UPT Roda Tahun 2018 sebanyak 118 KK. Lokasi UPT ini berbatasan dengan PT. KIC, PT. CAM, PT Merbau dan PT. Tiran Sulawesi.

Sebelum diberikan sertifikat, terlebih dahulu akan dikeluarkan dokumen Hak Pengelolahan Lahan (HPL), selanjutnya BPN akan melakukan pengukuran kemudian menerbitkan sertifikat. Untuk percepatan penyelesaian permasalahan tanah tersebut, Pemda akan membentuk Team bersama BPN dan Perusahaan yang lahannya bersinggungan dengan lahan transmigrasi untuk melakukan pengecekan lapangan.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy