Sosialisasi di UHO, Kominfo Kendari : Mengadu ke “Lapor”, Identitas Dirahasiakan – Kendari Pos
Metro Kendari

Sosialisasi di UHO, Kominfo Kendari : Mengadu ke “Lapor”, Identitas Dirahasiakan

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Komunikasi dan Informtika (Diskominfo) Kendari dan Ombudsman perwakilan Sultra mengajak generasi milenial menyampaikan aspirasi secara elektronik melalui aplikasi bernama Lapor. Layanan pengaduan berbasis digital itu disosialisasikan kepada mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo, Kamis (12/12).

Kepala Diskominfo Kendari, Moh Nur Razak mengatakan akan memaksimalkan aplikasi “Lapor” untuk terciptanya pelayanan publik yang baik. Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkot Kendari berkomitmen untuk meningkatkan pelayanannya, sesuai SK Wali Kota nomor 380. Kata dia, OPD dan camat se Kendari siap membantu dan memudahkan para pelapor untuk mendapatkan solusi.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sultra, Mastri Susilo (kanan), Direktur Puspaham Sultra Kisran Makati (tiga kiri), Kepala Diskominfo Kendari, Moh Nur Razak (dua kanan) saat sosialisasi aplikasi Lapor, layanan pengaduan kepada mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo

“Sejauh ini sudah ada 54 laporan masuk, sudah ditindaklanjuti. Sembilan laporan yang masih proses. Kebanyakan laporan ditujukan ke Dinas Linhkungan Hidup (DLH) terkait persampahan, dan PDAM terkait ketersediaan air bersih. Kami selalu melaporkan itu sehingga menjadi bahan evaluasi Wali Kota,” ungkapnya.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sultra, Mastri Susilo menuturkan setiap aduan masuk aplikasi Lapor, yang diteruskan ke Ombudsman, akan tetap ditindaklanjuti. Katanya, jika pelapor meminta identitasnya dirahasiakan, maka Ombudsman tidak akan mencetak nama pelapor. “Jadi, adik-adik bisa mengikuti langkah dalam aplikasi untuk membuat laporan. Aduan untuk Ombudsman harus sertakan identitas agar kami tahu siapa yang melapor. Kalau minta identitas dirahasiakan, maka kami akan rahasiakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Puspaham Sultra, Kisran Makati mengatakan aplikasi ini dapat membantu masyarakat. Ketika terjadi masalah terkait pelayanan publik yang tak sesuai prosedur, maka masyarakat bisa langsung mengadu. “Aduan yang kita sampaikan, tentunya akan sampai ke pihak terlapor, walaupun tidak pernah bertemu langsung terlapor. Jadi tidak usah takut melapor, identitas terjaga,” tutupnya.(hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy