SKB Jangan Dijadikan Alat Kriminalisasi ASN – Kendari Pos
Nasional

SKB Jangan Dijadikan Alat Kriminalisasi ASN

Dr. Muh. Najib Husain

KENDARIPOS.CO.ID — Sebelas kementerian dan lembaga menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang penanganan radikalisme dalam rangka penguatan wawasan kebangsaan aparatur sipil negara (ASN) menuai pro dan kontra. Sebagian menilai keputusan itu terlalu berlebihan dan dikhawatirkan terjadi penyalahgunaan wewenang. Sebagian lagi beranggapan bahwa langkah tersebut sudah tepat untuk melindungi ASN dari paham radikalisme.

Akademisi Universitas Halu Oleo (UHO), Dr. Muh. Najib Husain, mengatakan, SKB tersebut dapat dilihat dari sisi positif dan negatif. Sisi negatifnya, SKB dikhawatirkan menjadi alat untuk membatasi ruang gerak ASN terutama bagi mereka yang muslim. “Isu radikalisme selalu dikaitkan dengan agama khususnya Islam,” ujar Najib, Senin (2/12).

Sisi positifnya, SKB dapat memberikan perlindungan kepada ASN. Dalam lingkup perguruan tinggi dan satuan pendidikan lainnya, SKB berguna untuk memblokir paham radikalisme agar tidak memengaruhi para pelajar. Ketika ada tenaga pengajar yang terlibat dalam jaringan radikal, menurut Najib, hal ini akan berdampak pada lahirnya generasi-generasi radikal dalam artian negatif.

“Ini sangat membahayakan keutuhan bangsa ke depan. Karena sudah pasti yang dikedepankan adalah dogma-dogma dan doktrin untuk membenci kelompok tertentu. Hal ini sangat tidak baik untuk iklim pendidikan,” argumennya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy