Siswa Difabel Memiliki Potensi Berprestasi – Kendari Pos
Edukasi

Siswa Difabel Memiliki Potensi Berprestasi

Siswa difabel di SLB Mandara saat mengikuti proses belajar mengajar, Rabu (4/11).

KENDARIPOS.CO.ID — Tanggal 3 Desember 2019 lalu, merupakan Hari Difabel Internasional. Peringatan ini menjadi momentum para difabel untuk menyuarakan hak dan kesejahteraan disetiap aspek kehidupan, baik politik, ekonomi hingga pendidikan. Saat ini, pendidikan bagi para difabel di Indonesia khususnya Sulawesi Tenggara (Sultra) cukup mendapatkan perhatian dari pemerintah provinsi, dengan memberikan ruang dan juga kesempatan dalam menempuh pendidikan melalui Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Sekolah Inklusi.

Salah satu tempat anak berkebutuhan khusus untuk menimba ilmu yakni di SLB Mandara. Sekolah ini memiliki 128 siswa dari jenjang SD, SMP hingga SMA yang terdiri dari anak-anak yang berkebutuhan khusus seperti tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna grahita, hingga tuna daksa.

Kepala SLB Mandara, Sunanto mengatakan anak yang berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama dengan anak-anak lainya. Termasuk dalam hal pendidikan. Semangat dan keinginan yang kuat untuk berprestasi ditingkat daerah hingga kancah internasional juga dimiliki oleh para difabel. “Para siswa difabel itu memiliki potensi yang luar biasa besar. Bahkan semangat dan tekadnya untuk belajar sangat tinggi, hal ini terlihat dari siswa-siswi kami yang ada di Mandara, telah banyak prestasi yang ditorehkan oleh siswa Mandara di kancah nasional hingga internasional,” ungkapnya pada Kendari Pos, Rabu (4/12).

Dijelaskan Sunanto, dukungan yang besar sangat dibutuhkan oleh para siswa berkebutuhan khusus, bukan hanya pemerintah namun juga orang tua hingga masyarakat. “Siswa yang berkebutuhan khusus itu memiliki banyak potensi, baik potensi akademik maupun nonakademik. Namun, potensi tersebut terkadang tidak diperlihatkan oleh para siswa difabel, yang diakibatkan krisis kepercayaan diri yang dimilikinya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy