Setnov Tidak Dapat Kamar Mewah di Lapas Cipinang

KENDARIPOS.CO.ID — Terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Setya Novanto kini sudah dititipkan ke Lapas Kelas I Cipinang Jakarta. Kalapas Kelas I Cipinang, Hendra Eka Putra menegaskan tidak ada kamar mewah di dalam Lapas. Menurutnya, semua narapidana mendapatkan hak yang sama dan tidak ada keistimewaan. “Oh enggak ada. Di Lapas Cipinang semuanya sama. Enggak ada kamar mewah,” tegas Hendra Eka, Jumat (27/12).

Terpidana kasus korupsi Setya Novanto

Hendra mengatakan, mantan Ketua DPR itu dalam menjalani di RSPAD Gatot Soebroto mendapatkan pengawasan dari dua petugas Lapas Cipinang?. Sebab saat warga binaan izin keluar lapas, maka akan didampingi petugas untuk melakukan pengawasan. ”Jadi ada dua orang anggota saya, itu hanya melayani beliau berobat. Jadi sudah di-take over oleh kami,” ungkapnya.

Kamar mewah di lapas Sukamiskin, Bandung yang ditempati terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto sempat membuat geger masyarakat. Bahakan, mantan Ketua Umum Golkar itu dikabarkan kerap menghilang dari penjara.

Novanto pun kembali membuat geger, karena beberapa hari lalu, ia sudah berada di RSPAD dan memilih untuk tinggal di lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Namun, Kepala Kanwil Kementerian Hukum Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat Liberti Sitinjak memastikan, semenjak dirinya menjabat di Lapas Sukamiskin tidak ada lagi kamar dengan fasilitas mewah untuk Setya Novanto. “Jadi sudah tidak ada lagi yang namanya fasilitas-fasilitas itu (fasilitas mewah),” ujar Liberti saat dikonfirmasi, Jumat (27/12).

Liberti mengatakan, anggaran dari pemerintah untuk pembenahan Lapas Sukamiskin akan turun pada 31 Desember. Sehingga nantinya sel tahanan yang besar akan dibuat standar sesuai dengan kamar lainnya. “Sekarang anggaran sudah dikucurkan hampir 60 persen. Ada juga kamar-kamar yang sudah rusak, ada juga yang bocor dan tidak berfungsi, jadi akan direnovasi,” katanya.

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *