Rusman Emba Bangun Perumahan Warga Pesisir – Kendari Pos
Muna

Rusman Emba Bangun Perumahan Warga Pesisir

Bupati Muna, LM Rusman Emba (depan, empat dari kiri) berfoto bersama warga saat peresmian perumahan nelayan di Kecamatan Lohia. Tahun 2019, sebanyak 50 unit rumah dibangun.

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat pesisir Muna kini bisa merasakan buah dari pembangunan. Di Muna Timur, armada transportasi yang menjadi kendala sudah teratasi. Bupati Muna, LM. Rusman Emba baru saja meresmikan pengoperasian very penyebarangan. Sementara warga di pesisir Lohia mendapatkan bantuan rumah gratis. Meski program ini dibiayai APBN, namun hal ini tak lepas dari kepiawaian lobi Rusman Emba.

Bupati Muna, LM. Rusman Emba menyebut dua program tersebut hadir untuk mendorong ekonomi warga pesisir. Ia berharap beroperasinya very Maligano itu dapat memberi dampak ekonomi bagi masyarakat. Hasil pertanian dan perikanan masyarakat dapat dengan mudah dipasarkan ke Raha. Itu berarti perekonomian daerah dapat bergerak maju secara perlahan. “Kita syukuri semua ini. Insya allah nikmat seperti akan terus ditambahkan,” jelasnya.

Kehadiran perumahan nelayan disebutnya, untuk mendorong kualitas hidup warga pesisir. Dengan adanya rumah gratis, para nelayan bisa fokus mengumpulkan rupiah untuk keperluan lain. Ia juga sedang menyiapkan konsep terpadu yang mendukung Lakarinta menuju Desa Wisata. Lakarinta sangat cocok diproyeksikan menjadi pusat wisata daerah karena memiliki pantai Meleura dan Danau Motonuno. “Kita berharap perumahan ini digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan,” imbuhnya.

Kepala Pelabuhan Cabang Baubau, Kapten Ahmad Sadikin menerangkan Kemenhub menyerahkan pemanfaatan very KM Gandang Nusantara 14 berkat usulan Pemkab Muna. Very akan melayani rute Raha-Maligano dan Maligano-Raha sekali dalam sepekan yakni berangkat ke Maligano setiap Sabtu jam 13.00 Wita dan kembali ke Raha pada Minggu jam 08.00 Wita. Sesuai kesepakatan bersama Pemkab, very tersebut akan digratiskan bagi masyarakat. Biaya operasional ditanggung PT. Pelni.

“Ini berkat keseriusan Bupati yang sejak lama berusaha menghadirkan very ini untuk masyarakat Muna Timur. Itu perlu diparesiasi karena very akan melayani penumpang secara gratis. Tetapi untuk sementara baru satu kali seminggu dulu,” jelasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy