Revisi UU ASN akan Tampung Semua Honorer

Ilustrasi Honorer

KENDARIPOS.CO.ID — Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ledia Hanifa, mengatakan revisi UU Aparatur Sipil Negara (ASN) akan memuat semua masukan dari berbagai pihak. Termasuk forum-forum honorer. “Inikan drafnya belum disusun. Jadi nanti akan ditampung semua usulan. Jadi bukan cuma spesifik honorer K2,” kata Ledia, kemarin.

Anggota Komisi X DPR RI itu mengungkapkan, alasan kenapa revisi UU ASN menampung semua honorer karena baru sebatas usulan. Masing-masing komisi di Badan Legislasi akan menyodorkan honorer atau pegawai tidak tetap (PTT) yang harus diperjuangkan.

Misalnya, Komisi II mengajukan honorer K2, Komisi IV penyuluh pertanian, Komisi IX tenaga kesehatan, Komisi X guru honorer K2 dan non K2. “Karena ini baru mau disusun drafnya jadi butuh banyak masukan. Nantinya akan dipilah lagi mana yang jadi skala prioritas,” terang anggota Baleg itu.

Dia mengaku belum mengetahui kapan akan segera dilakukan pembahasan. Sebab, Baleg menunggu draf RUU ASN.
“Intinya kami butuh masukan yang banyak dari berbagai pihak. Memang UU ASN harus direvisi karena ada beberapa pasal yang kurang jelas salah satunya rekrutmen PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja),” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi PDIP Arif Wibowo mengatakan, dewan ikut berupaya agar honorer K2 bisa secepatnya diangkat menjadi PNS. Salah satunya dengan memasukkan revisi UU Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam prioritas prolegnas 2020.

“Sebenarnya ada dua opsi model perjuangan honorer K2 menjadi PNS. Ini bisa berhasil kalau seluruh honorer K2 tetap solid,” kata Arif dalam sarasehan nasional Kesatuan Honorer Indonesia yang merupakan gabungan forum-forum honorer K2 di Jakarta.

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *