Realisasi Pajak Perhotelan di Kendari Capai Rp 11 Miliar

Rizal Rani
kabid BP2RD kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Kendari melalui Bidang Pengelola Pendapatan Wilayah II, per 23 Desember tahun ini berhasil mengumpulkan sekitar Rp11 miliar pembayaran pajak dari 132 usaha perhotelan di Kendari.

Meski belum mencapai target yang ditentukan sebelumnya, yakni sebesar Rp13 miliar atau baru terealisasi sekitar 77 persen, BP2RD optimis hingga dipenghujung tahun ini, capaian bisa lebih baik. “Insyaa Allah berkat kesadaran para wajib pajak dalam hal ini pelaku usaha perhotelan dan masyarakat dalam membayar pajak, kedepan realisasi pajak kita pasti bisa membaik. Kami juga sudah bekerjasama dengan unit Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan (Korsupgah) KPK,” ungkap Rizal Rani, Kepala Bidang Pengelola Pendapatan Wilayah II BP2RD Kendari, kemarin (23/12).

Adapun kendala yang dihadapi pihaknya dalam memaksimalkan pendapatan daerah melalui pajak perhotelan yakni masih ada beberapa wajib pajak (hotel) yang terlambat melaporkan hasil transaksinya. Padahal, idelanya pelaporan hasil transaksi bisa dilakukan sejak tanggal 1 – 15 setiap bulannya.

“Usaha perhotelankan sifatnya official assetment, setiap bulan dia harus melaporkan berapa jumlah transaksinya, supaya menjadi bahan laporan untuk ketetapan pajaknya,” kata Rizal.

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *