PT. PJM Diduga Serobot 2.500 Ha Lahan Warga – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

PT. PJM Diduga Serobot 2.500 Ha Lahan Warga

Kapal jenis vessel yang didatangkan PT.Patrindo Jaya Makmur (PJM) berlabuh di Perairan Tolala, Kolaka Utara. Kapal tersebut siap mengirim ore nikel ke negeri Cina.

KENDARIPOS.CO.ID — Aksi “koboi” manajemen PT.Patrindo Jaya Makmur (PJM) di Kecamatan Tolala Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Perusahaan itu diduga telah menyerobot lahan masyarakat seluas 2.500 hektare. PT.PJM mengakui hal itu dalam pertemuan dengan pemilik lahan di kantor Bupati Kolut, November lalu.

Dirut PT.PJM, Rustam berjanji bakal mengganti rugi pengambilan tanah masyarakat setempat. Pernyataan itu disaksikan Kabag Pemerintahan Setda Kolut. Versi Rustam, mekanisme ganti rugi dilakukan
dengan hitungan keuntungan per armada yang diambilnya dari pemilik lahan. Hal itu diluar dari pengambilan ore yang bakal diangkut kapal vessel saat ini. Sementara berdasarkam catatan masyarakat, PT.PJM telah mengambil tujuh tongkang ore nikel sejak 2017 silam.Namun sampai saat ini belum ada ganti rugi.

Salah satu pemilik lahan, Andi Patiaras melalui kuasa hukumnya, Irsat Djafar mengaku punya lembaran bukti kepemilikan bersegel tertanggal 8 Agustus 1924. Atas penyerobotan itu, dirinya telah melapor ke Polres Kolut sejak 8 Januari 2019 namun belum ada hasil penanganan hingga sekarang. “Sudah masuk 11 bulan laporan kami namun tidak ada tindak lanjut. Kalau tidak ditindak bisa-bisa habis tanah itu terus dikeruk,” ujarnya, Jumat (27/12).

Direktur PT. PJM, Rustam yang dikonfirmasi Kendari Pos pada waktu yang berbeda membantah menyerobot lahan. Dia bahkan menuding masyarakatlah yang menyerobot lahannya. Masyarakat dianggap tidak punya bukti kuat atas klaimnya. “Saya kaget dituduh menyerobot dan justru lahan kami yang diklaim. Kami siap membuka komunikasi termasuk pemerintah,”ungkapnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy