Polemik Tambang di Sultra : Antara Harapan, Realita dan Pencemaran – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Polemik Tambang di Sultra : Antara Harapan, Realita dan Pencemaran

Ilustrasi : Fahri Asmin/Kendari pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kehadiran para cukong mengeruk mineral dari perut bumi Sultra membawa secercah harapan. Bayang-bayang hidup dengan pendapatan memadai menggelayut dalam benak masyarakat sekitar lahan konsesi IUP tambang. Itu hanyalah harapan.

Namun harapan itu seperti “mengkhianati” realitas. Tak sedikit polemik yang terjadi. Masyarakat mengklaim lahannya diserobot, pencemaran lingkungan, menambang dekat sekolah, hingga dugaan IUP kedaluwarsa. Belum soal reklamasi, royalti dan persoalan pajak. Masih ada segelintir pemilik IUP yang abai terhadap kewajibannya. Sungguh, harapan hidup sejahtera berbanding terbalik dengan realitas.

Potensi tambang di Sultra seharusnya membuat masyarakat Sultra sejahtera. Tapi kesejahteraan itu hanya berpihak pada segelintir oknum dan para pemilik modal. Kekayaan mineral, ore nikel dan emas hanya dinikmati cukong. Warga hanya dapat debu dan bencana alam, dampak rusaknya lingkungan akibat pertambangan.

Belum lagi lemahnya sisi pengawasan. Pemerintah kabupaten (Pemkab) tak punya taring menindak tegas cukong tambang yang lalai. Pemkab tak punya kewenangan. Justru kewenangan itu berada ditangan pemerintah provinsi. Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah menyatakan kewenangan pertambangan beralih dari pemkab kepada pemerintah provinsi.

Anggota Komisi III DPRD Sultra, Sudirman mengatakan hadirnya perusahaan tambang di Sultra belum berdampak bagi peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Sebaliknya, aktivitas tambang berkontribusi terhadap
kerusakan lingkungan. “Dan jangka panjangnya, daerah dan masyarakat harus siap menghadapi bencana alam dari kerusakan lingkungan,” tutur prai yang karib disapa Imenk saat dihubungi Kendari Pos, Jumat (28/12).

Laman: 1 2 3 4

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy