Pilkada Serentak 2020 di Sultra : Jalan Mulus Petahana Pertahankan Tahta – Laman 2 – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pilkada Serentak 2020 di Sultra : Jalan Mulus Petahana Pertahankan Tahta

Lanjut dia, pertimbangan kemampuan ekonomi dan kekuasaan yang dimiliki calon di luar kader parpol menjadi pembenaran adagium bahwa parpol tidak mampu melahirkan pemimpin yang cemerlang. Tidak heran parpol diidentikkan sebagai entitas penghasil koruptor.

Menurut Najib, kondisi tersebut merupakan ironi yang telah mendera Indonesia termasuk Sultra selama satu dekade terakhir.

Padahal, dalam sistem demokrasi yang dianut saat ini, salah satu tugas utama parpol yakni memberikan pendidikan politik kepada rakyat.

“Bagaimana mungkin publik akan teredukasi bila parpol sebagai institusi yang ditugasi justru tidak sehat? Ketidakberanian mengusung kader sendiri mengonfirmasi kegagalan parpol dalam menjalankan fungsinya sebagai sekolah politik,” prihatinnya.

Najib meyakini, sinyalemen ini tentu akan diingkari oleh setiap partai politik. Mereka akan membantah bahwa partainya menetapkan mahar atau apapun sebutan lainnya untuk menggelar karpet bagi para calon berduit. Sayangnya, kata Najib, rakyatlah yang paling dirugikan dalam hal ini.

Pilkada melawan kotak kosong, selain merugikan keuangan negara yang bersumber dari “keringat” rakyat, juga tidak memberikan pilihan kepada rakyat untuk memilih calon pemimpin yang dikehendaki.

Selain itu, menurut doktor lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini, kecenderungan mendukung petahana juga disinyalir karena kekhawatiran parpol berjalan sendiri dalam kompetisi. “Partai di Sultra umumnya tidak ingin jalan sendiri. Satu figur didukung banyak partai. Tentu saja ini menyebabkan kompetisi berjalan hambar. Parpol mestinya lebih mewarnai kontestasi politik di daerah dengan memberikan kesempatan kepada figur baru untuk tampil, terutama kader sendiri,” pungkas Najib.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy