Pilkada Serentak 2020 di Sultra : Jalan Mulus Petahana Pertahankan Tahta – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pilkada Serentak 2020 di Sultra : Jalan Mulus Petahana Pertahankan Tahta

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 diprediksi akan dihiasi pasangan calon tunggal. Fenomena “borong partai” terlihat sejak tahapan penjaringan bakal calon (balon) kepala daerah resmi dibuka oleh sejumlah partai politik (parpol) di tujuh kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra), yakni Koltim, Konut, Konsel, Konkep, Butur, Wakatobi, dan Muna.

Balon kepala daerah (Kada) terutama petahana berusaha mengoleksi dukungan parpol sebanyak mungkin demi kelancaran pemenuhan syarat administrasi pada proses pencalonan. Hal itu menjadi jalan mulus petahana pertahankan tahta.

Padahal, syarat minimal pasangan calon bisa mendaftar melalui jalur parpol hanya 20 persen dari jumlah kursi DPRD tiap daerah atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah pada pemilihan umum (Pemilu) April 2019.

Pengamat Komunikasi Politik Sultra, Muh. Najib Husain, menilai, metode borong partai ini sebagai strategi yang dilakukan untuk menutup pintu pesaing. Ketika lawan kehabisan “perahu” politik, maka mereka tidak bisa mencalonkan diri sebagai peserta Pilkada. “Ada kecenderungan petahana memborong partai. Ini adalah taktik untuk melumpuhkan lawan sejak awal,” ujar Najib kepada Kendari Pos, Kamis (5/12).

Parpol yang diharapkan menjadi pilar kokoh demokrasi, justru memperlihatkan tendensi merapat kepada petahana. Mereka lebih memilih membangun kompromi dengan petahana yang umumnya memiliki tingkat elektabilitas dan popularitas lebih tinggi. Melalui kompromi itu, parpol nantinya akan mendapatkan keuntungan elektoral.

“Menguji “ketangkasan” kader parpol sendiri di area pertarungan dianggap buang-buang waktu. Karena mereka seolah sudah mengetahui hasilnya lewat survei-survei yang dilakukan. Pragmatisme itu yang dibangun,” terang Najib.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy