Pilbup Muna 2020 Bakal Lebih Kompleks – Kendari Pos
Politik

Pilbup Muna 2020 Bakal Lebih Kompleks

Ki-Ka: dr Baharuddin, Syarifuddin Udu, LM Rusman Emba, dan LM Rajiun Tumada saat mengikuti pemaparan visi misi yang digelar PKB di Plazainn Hotel.

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna menggelar rapat koordinasi media center bersama insan pers setempat untuk memaparkan kilas balik pelaksanaan Pemilu 2019. KPU mengklaim secara umum sukses menggelar Pemilu serentak perdana jika diukur dari kondusivitas pelaksanaan, partisipasi, sengketa dan tingkat penerimaan oleh peserta pemilu. Meski demikian, KPU tetap memiliki pekerjaan rumah pada soal daftar pemilih tetap (DPT). Masalah itu dinilai akan lebih kompleks saat Pilbup 2020 mendatang.

KPU Muna berhasil menggelar Pemilu yakni pemilihan legislatif DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPD RI dan DPR RI, serta pemilihan presiden dan wakil presiden. KPU berhasil meningkatkan partisipasi pemilih menjadi 78 persen dari 145.594 pemilih atau meningkat signifikan dari Pilgub Sultra 2018 yang hanya 57 persen. Pemilu juga berlangsung tanpa konflik horizontal. Hampir seluruh peserta menerima hasil pemilu. Satu-satunya gugatan sempat dilayangkan Caleg Gerindra Akhmad Mutakhir Latoa namun permohonannya ditolak Mahkamah Konstitusi (MK).

“Muna juga termasuk daerah yang sama sekali tidak menggelar pemungutan suara ulang untuk Pemilu 2019,” kata Kubais, Ketua KPU Muna, kemarin. Kendati begitu, KPU Muna menyebut evaluasi paling utama dilakukan pada proses pemutakhiran data pemilih. Masalah yang teridentifikasi, diantaranya banyaknya warga tak memiliki KTP elektronik, penduduk ganda lintas wilayah dan data ganda pada K1, K2 dan K3. Masalah tersebut terakumulasi dengan rendahnya kesadaran warga untuk mendaftarkan hak pilihnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy