Penghapusan UN Memicu Pro-Kontra : Mendikbud Diprotes DPR – Kendari Pos
Nasional

Penghapusan UN Memicu Pro-Kontra : Mendikbud Diprotes DPR

Mendikbud Nadiem Makarim dalam rapat dengan DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

KENDARIPOS.CO.ID — Perubahan sistem pendidikan selalu memantik pro-kontra. Begitu pula kebijakan Mendikbud Nadiem Anwar Makarim menghapus ujian nasional (UN). Meski demikian, Nadiem menegaskan bahwa kebijakan itu jalan terus. Pengembangan asesmen, perbaikan fasilitas, dan pembekalan guru dipersiapkan setahun mendatang.

Guru besar Universitas Pendidikan Indonesia Prof Said Hamid Hasan menyatakan, keputusan menghapus UN merupakan langkah awal yang baik. Asesmen kompetensi minimum dan survei karakter yang menggantikan UN bisa menjadi instrumen untuk mendeteksi kelemahan siswa. Sekaligus upaya perbaikan agar mencapai standar kompetensi yang diharapkan.

”Dengan begitu, ketika siswa sudah menuntaskan pendidikan dan menjadi warga negara produktif, bangsa Indonesia memiliki masyarakat yang berkualitas,” terang Said.

Lagi pula, belajar itu bersifat akumulatif. Jika kelemahan tidak segera diperbaiki atau tidak ada waktu untuk memperbaiki, akan terjadi akumulasi. Akibatnya, siswa yang lemah akan kesulitan, bahkan tidak optimal belajar materi baru. ”Mereka akan ditinggalkan dalam ketidaktahuan yang terus berakumulasi,” terang dia.

Sebagaimana diberitakan, Nadiem memutuskan untuk menghapus UN mulai 2021. Dalam skema baru pengganti UN nanti, pelaksanaan ujian tidak lagi di ujung jenjang pendidikan. Melainkan di tengah-tengah. Untuk jenjang SD, ujian digelar di kelas IV, jenjang SMP di kelas VIII, dan jenjang SMA di kelas XI.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung kebijakan
Nadiem. Dia yakin, sebelum kebijakan tersebut diambil, Nadiem sudah melakukan kalkulasi. Jokowi mengatakan, sistem asesmen kompetensi dan survei karakter yang dicanangkan Nadiem dapat dijadikan instrumen untuk mengevaluasi kualitas pendidikan di Indonesia. ”Artinya, mau tidak mau, nanti setiap sekolah ada angka-angkanya,” imbuhnya.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy